oleh

Lestarikan Seni Budaya Cirebon, Batik Trusmi Hadirkan Patung Macan Ali dan Gapura Keraton Kasepuhan

Cirebontrust.com – Cirebon merupakan daerah yang kaya akan warisan seni dan budaya. Salah satu peninggalan sejarah, sekaligus identitas Cirebon adalah Macan Ali. Menurut literatur sejarah, eksistensi Macan Ali sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Selain sebagai simbol perjuangan para Sultan Cirebon, Macan Ali juga dijadikan lambang kebesaran keraton yang ada di Cirebon.

macan-ali

Sebagai upaya turut melestarikan seni budaya Cirebon, kini di Batik Trusmi terdapat replika patung Macan Ali yang mengapit batu karang dan gapura khas Keraton Kasepuhan.

Store Manager Batik Trusmi, Riki Teguh Salpian menjelaskan, patung Macan Ali ada di Batik Trusmi, tepatnya di Hall Utama, sejak Jumat (02/12). Proyek pembuatannya sendiri diinsiasi sejak dua bulan lalu.

Batik Trusmi ingin memperkenalkan kepada para pengunjung, khususnya yang dari luar daerah Cirebon, salah satu ikon seni budaya Cirebon yang legendaris, yakni Macan Ali. Para pengunjung tampak antusias berfoto bersama patung Macan Ali dan gapura khas Keraton Kasepuhan.

Riki menambahkan, tak hanya Macan Ali, ke depan Batik Trusmi bakal menghadirkan ikon-ikon atau warisan seni budaya Cirebon yang lain.

“Kami hendak memberikan edukasi tentang kepada masyarakat, khususnya generasi muda, agar mencintai dan turut melestarikan ikon atau warisan seni budaya Cirebon,” pungkasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Pemkot Benahi Tata Kelola Keuangan untuk Cegah ASN Langgar Hukum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed