Laskar Macan Ali Dukung Penanaman Pohon Mangrove

Citrust.id – Melalui gerakan Setara atau semai, tanam, dan pelihara, Laskar Agung Macan Ali Nuswantara dukung penanaman dan pemeliharaan pohon mangrove.

Panglima Laskar Agung Macan Ali Nuswantara, Prabu Diaz mengatakan, gerakan Setara bertujuan memelihara pohon mangrove tetap terjaga agar pertumbuhannya sempurna.

Ratusan, bahkan ribuan pohon mangrove yang pemerintah daerah, komunitas, ormas, dan pecinta lingkungan tanam, kerap tersapu ombak.

“Tiga bulan pertama, mangrove yang ditanam tersisa 75 persen. Jumlah itu terus menurun karena sering terjadi air pasang atau rob,” ujarnya, usai penanaman pohon mangrove di Pantai Kejawanan, Kota Cirebon, Rabu (15/11/23).

Oleh karena itu, ia bersama komunitas dan elemen masyarakat lainnya menggencarkan gerakan Setara.

Gerakan ini tidak hanya menanam pohon mangrove, tetapi juga melakukan pemeliharaan agar pohon mangrove dapat tumbuh dengan baik.

Hingga kini, Laskar Macan Ali tetap dukung penanaman mangrove di tepian pantai untuk menjaga abrasi dan pencemaran lingkungan. Pohon mangrove dapat menghasilkan karbon yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan.

Prabu Diaz mengimbau pemerintah dan instansi terkait untuk terus menanam mangrove.

“Saya juga menghimbau masyarakat yang berdomisili di tepi pantai, untuk menjaga tumbuhan yang ada, seperti cemara dan mangrove. Hal itu untuk mencegah abrasi dan pencemaran atau kerusakan lingkungan akibat tingginya gelombang pantai,” tandasnya. (Haris)

Komentar