oleh

Kunjungan Peserta JKN-KIS ke Puskesmas Kejaksan Cirebon Meningkat

Citrust.id – UPT Puskesmas Kejaksan, Kota Cirebon telah bermitra dengan BPJS Kesehatan sejak tahun 2014. Saat ini, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan yang terdaftar di Puskesmas Kejaksan lebih dari 13 ribu jiwa. Jumlah tersebut lebih dari 80 persen penduduk Kelurahan Kesenden.

Kepala UPT Puskesmas Kejaksan, dr Hj Junny Setyawati, menjelaskan, rata-rata peserta JKN-KIS yang berkunjung berjumlah lebih dari 70 peserta setiap harinya. Selain pelayanan kesehatan berupa pengobatan, pelayanan yang diberikan bagi pasien peserta JKN-KIS antara lain konseling, senam prolanis, home visit, penyuluhan, serta layanan informasi dasar tentang program JKN-KIS.

Menurut dr Junny, program JKN-KIS BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat. Selain mendapatkan pelayanan promotif dan preventif, masyarakat juga mendapatkan jaminan pembiayaan kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin meningkatnya rasio pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Kejaksan setiap tahunnya.

“Dengan adanya program JKN-KIS BPJS Kesehatan, masyarakat yang sehat membantu yang sakit,” tambah dr Junny.

Dengan semakin meningkatnya peserta JKN-KIS, dr Junny juga berharap agar di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas lebih dioptimalkan. FKTP sebagai tempat pemberian informasi terkait kepesertaan JKN-KIS baik itu tentang prosedur maupun terkait layanan program JKN-KIS.

“Dengan demikian, pelayanan terhadap peserta JKN-KIS dapat lebih optimal lagi,” ujarnya. /haris

BACA JUGA:   Monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel Hiasi Kota Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed