oleh

KPU Kab. Cirebon Targetkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2018 Capai 77,5 Persen

Cirebontrust.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon menargetkan partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2018 mendatang 77,5 persen.

Target tersebut jauh melampaui partisipasi masyarakat pada pemilihan bupati 2013 lalu, di mana pada pemilihan putaran kedua partisipasi masyarakat yang memilih hanya 46 persen.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Syaefudin Jazuli mengatakan, target ini senada dengan KPU RI yang telah menargetkan angka yang sama secara nasional. Menurutnya, tidak masalah di Kabupaten Cirebon menargetkan angka yang sama, sebab pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menaikkan partisipasi pemilih.

“Saya optimistis angka itu bisa tercapai. Kita sudah undang para pemilih pemula, kaum disabilitas juga partai politik,” kata Syaefudin, Senin (30/10).

Syaefudin menambahkan, tren kenaikan partisipasi masyarakat sebenarnya sudah terlihat saat pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada 2014 lalu. Saat itu, partisipasi masyarakat mencapai 60 persen, jauh meningkat dibandingkan Pilbup 2013.

Menurutnya, gerak jalan yang digelar oleh KPU ini merupakan salah satu upaya untuk menaikkan partisipasi masyarakat Kabupaten Cirebon. Syaefudin juga mengatakan, karena pilbup dan pilgub Jabar akan berbarengan, maka suhu politik akan memanas.

“Suhu politik akan memanas, namun kalau diinformasikan sejak jauh-jauh hari maka diharapkan masyarakat bisa melakukan antisipasi agar suasana pilkada bisa berjalan semestinya,” katanya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Lesbumi Cirebon Sampaikan Pesan Toleransi Melalui Lakon Wayang di Delapan Tajug

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed