oleh

Keindahan Telaga Biru Cicerem Jadi Magnet Wisatawan

Citrust.id – Kabupaten Kuningan memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Situ Cicerem, di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Objek wisata tersebut tengah digandrungi karena keindahannya. Lokasinya pun pas untuk swafoto.

Situ Cicerem yang juga dikenal dengan Telaga Biru memiliki keindahan yang begitu memanjakan mata. Dengan pepohonan besar, air yang jernih ditambah ikan emas beraneka warna, destinasi wisata alam itu viral di Instagram.

Selain banyak spot poto yang instagramable, telaga yang berada di 316 mdpl itu membuat banyak orang berendam atau berenang. Keunikan lainnya, mata air Situ Cicerem memiliki khasiat untuk mengobati.

“Awalnya, banyak sekali orang yang datang ke sini karena ingin sembuh. Bahkan, ada yang dari luar pulau,” terang Iim, pengelola Situ Cicerem, Minggu (27/6).

Ada kisah yang unik, sambung Iim, saat itu, ada orang dari Lampung yang terkena struk. Ia datang untuk berobat karena tidak bisa jalan. Setelah berendam beberapa lama, ia bisa berjalan, meski sedikit tertatih.

Iim mengatakan, khasiat mata air Telaga Biru telah melegenda di Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Sejak dibangun pada 2010, para pengunjung yang ingin berobat di Telaga Biru tidak kalah dengan yang ingin berswafoto.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Iim mengingatkan pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Tetap harus menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, dan jaga jarak. Pada masa pandemi ini, jumlah pengunjung dibatasi sesuai anjuran pemerintah,” ujarnya.

Sejak dikeluarkannya instruksi Bupati Kuningan tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pengendalikan Covid-19, seluruh objek wisata di Kabupaten Kuningan ditutup mulai 16-28 Juni. Bagi yang ingin berkunjung ke Telaga Biru, sebaiknya menunggu setelah 28 Juni. (Andin)

 

Komentar