oleh

Kebiasaan Minum Obat Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Lemah

Ilustrasi

CIREBON (CT) -Faktor utama penyebab daya tahan tubuh lemah dapat dideteksi dari sistem pencernaan yang bermasalah. Menurut Susan Blum, MD, penulis The Immune System Recovery Plan, pendiri dan direktur Blum Center for Health, sangat penting bagi kita untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak usus dan sistem pencernaan.

Selain ditandai dengan bermasalahnya sistem pencernaan, kebiasaan mengonsumsi obat antasida dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jenis lain yang lebih kuat yang disebut proton-pump inhibitors (PPI) dapat mengubah pH perut Anda, yang seharusnya sangat asam untuk mensterilkan semua makanan yang Anda makan. Ketika perut tidak bisa mensterilkan makanan dengan benar, tubuh akan mudah infeksi.

Selain antasid, Blum mengatakan bahwa beberapa obat nyeri seperti steroid dan NSAID dapat merusak lapisan usus dan menyebabkan sindrom usus bocor, yang ditandai dengan peningkatan permeabilitas usus. Akibatnya, infeksi dan partikel makanan membuat jalan melalui dinding usus dan masuk ke tubuh Anda. Alhasil, sistem kekebalan tubuh menurun. Untuk itu, jangan menggunakan obat pereda nyeri setiap hari atau secara rutin misalnya beberapa kali seminggu.

Antibiotik juga dapat berkontribusi melemahkan sistem kekebalan tubuh. Antiibiotik dapat membunuh bakteri baik di pencernaan. Jika pencernaan tidak sehat maka kekebalan tubuh akan terganggu. (Net/CT)

BACA JUGA:   Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Layanan Dispusipda Lebih Kekinian

Komentar

News Feed