oleh

Kawasan Kuliner Cirebon Picu Macet Lima Kilometer

CIREBON (CT) – Kemacetan panjang di dua arah terjadi di jalur Tengahtani hingga Plumbon Cirebon Jawa Barat. Kemacetan disebabkan mulai meningkatnya volume arus balik dan banyaknya kendaraan warga yang berhenti di bahu jalan, untuk mengunjungi kawasan kuliner Cirebon, Jumat (08/07). 

Kemacetan ini terjadi di dua arah, yakni dari Kedawung hingga Plered arah Jakarta, maupun sebaliknya dari Plumbon hingga Tengahtani. Kemacetan arah Jakarta diakibatkan mulai meningkatnya volumen kendaraan pemudik, yang melakukan perjalanan balik ke Jakarta.

Sementara dari arah Jakarta menuju Cirebon, kemacetan diakibatkan banyaknya warga yang berburu kuliner khas Cirebon, di kawasan Plered hingga Tengahtani. Di sepanjang jalur ini, belasan warung makan yang menyajikan oleh-oleh dan kuliner khas Cirebon yakni empal gentong.

Lantaran lokasinya tepat di pinggir jalur Pantura, tidak sedikit kendaraan pengunjung yang parkir memakan bahu jalan hingga terjadi penyempitan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas di kawasan ini tersendat dan mengakibatkan kemacetan panjang.

Kemacetan diperkirakan mencapai lima kilometer, mulai dari Tengahtani mengular hingga Plered dan Tegalwangi Plumbon. Kendaraan baik mobil pribadi maupun kendaraan bermotor harus berjalan merayap. Bahkan sebagian pemotor nekat menaiki trotoar untuk menghindari kemacetan.

Untuk mengurangi kepadatan di kawasan kuliner ini, petugas dari Polres Cirebon berupaya mengurai kepadatan arus lalu lintas dengan mengarahkan sebagaian kendaraan ke Pasar Minggu dan Tegalwangi arah sumber. Pengalihan ini dilakukan buka tutup dan kondisional saat terjadi kemacetan.

“Untuk masalah kendaraan yang berhenti di badan jalan, akan dilakukan peneguran, bilamana masih membandel maka terpaksa kami tindak. Untuk pengalihan arus belum digunakan karena arteri ini tidak macet hanya padat, masih berjalan roda masih berputar, kecuali kalau sudah stag macet tidak bergerak sama sekali, baru kita lakukan alih arus lewat Sumber Ciperna atau Kalitanjung,” ujar Kaur Binops Satlantas Polres Cirebon, Iptu Sarifudin.

BACA JUGA:   Bakal Terima Hibah dari Jerman, Pastikan Kondisi TPA Kopiluhur Siap

Semenatra itu, arus balik di jalur pantura dari arah Cirebon menuju Jakarta Jumat sore terus menunjukkan peningkatan. Iring-iringian kendaraan bermotor dan mobil pribadi terlihat mengarah ke pintu tol Palimanan-Cipali, jalur arteri dan arah Bandung. Diperkirakan volume kendaraan terus meningkat hingga esok hari. (CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed