Jumlah Penumpang KAI Cirebon Naik 3,6 Persen pada Semester I 2025

  • Bagikan
Jumlah Penumpang KAI Cirebon Naik 3,6 Persen pada Semester I 2025
Jumlah penumpang KAI Cirebon naik 3,6 persen pada semester I 2025. (Ist.)

Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mencatat telah melayani sebanyak 2.028.698 pelanggan kereta api selama semester I tahun 2025.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.028.533 pelanggan yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon dan 1.000.165 pelanggan yang turun atau datang di wilayah yang sama.

“Total pelanggan yang dilayani selama periode semester I 2025 sebanyak 2.028.698 pelanggan, atau naik 3,6 persen dibanding semester I 2024 dengan jumlah 1.958.321 pelanggan,” kata Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, Kamis (18/7/2025).

Muhib menjelaskan, peningkatan jumlah pelanggan terjadi hampir setiap bulan sepanjang semester pertama tahun ini. Tercatat, pada Januari 2025 sebanyak 169.624 pelanggan berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3.

Kemudian Februari tercatat 144.341 pelanggan, Maret 130.989 pelanggan, April 176.260 pelanggan, Mei 156.890 pelanggan, dan Juni 202.550 pelanggan.

“Puncak kepadatan penumpang terjadi pada bulan Juni karena bertepatan dengan momen liburan sekolah,” ujar Muhib.

Beberapa stasiun dengan jumlah keberangkatan pelanggan tertinggi di wilayah Daop 3 di antaranya adalah Stasiun Cirebon dengan 404.014 pelanggan, Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 182.214 pelanggan, dan Stasiun Jatibarang sebanyak 142.287 pelanggan.

Sementara itu, Stasiun Brebes mencatat 109.153 pelanggan dan Stasiun Haurgeulis sebanyak 70.216 pelanggan.

Dari total pelanggan yang berangkat selama semester I 2025, sebanyak 265.056 pelanggan menggunakan kelas eksekutif, 39.540 pelanggan menggunakan kelas bisnis, dan 723.937 pelanggan menggunakan kelas ekonomi.

“Pelanggan yang menggunakan kereta api mengalami peningkatan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ucap Muhib.

Ia menambahkan, kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api menunjukkan bahwa layanan yang diberikan semakin memenuhi harapan pelanggan.

BACA JUGA:  Satresnarkoba Polres Cirebon Kota Sita Ribuan Butir Keras dan Narkotika

“KAI Daop 3 Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan agar masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan,” ujarnya.

Berbagai peningkatan layanan telah dilakukan, termasuk pengoperasian Face Recognition Gate, penyediaan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan ulang sejumlah stasiun di wilayah kerja Daop 3 Cirebon.

Selain itu, KAI juga terus menjaga ketepatan waktu kedatangan kereta api. Selama semester I 2025, rata-rata ketepatan waktu kedatangan kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon tercatat mencapai 96,90 persen.

“Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api. Kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” pungkas Muhib. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *