oleh

Jembatan Cibereng Putus, Anggota DPR RI Ono Surono Janji Bantu Lakukan Perbaikan

Indramayutrust.com – Anggota DPR RI, Ono Surono janji akan secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak terkiat, menyusul perbaikan jembatan yang kondisinya sangat memprihatinkan dan perlu segera ditangani oleh pemerintah.

Hal itu, terkiat kerusakan jembatan kayu Cibereng di Desa Cibereng Kecamatan Terisi kabupaten Indramayu.

“Saya sengaja ke sini untuk melihatnya, sesegera mungkin akan saya sampaikan hal ini kepada PUPR pusat di Jakarta, pagi nanti saya berangkat,” Ungkap Ono.

Dikatakannya, setelah melihat situasi geografis daerah sekitar, apabila tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah baru, “selain digunakan sebagai sarana rutinitas keseharian masyarakat setempat, sebentar lagi para petani masuk dalam masa panen, sedangkan jembatan ini adalah akses terpenting sebagai sarana penunjang transportasi,” Tuturnya.

Ono mengakui, jika dirinya yang juga menangani bidang pertanian, maka hal ini ada hubungannya, dan secepatnya akan melakukan koordinsi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kembatan itu, merupakan jalur utama penghubung 3 wilayah kecamatan sudah sejak dua minggu lalu terputus, karena derasnya arus air Sungai Cipanas.

Kondisi itu, hingga membuat kontur tanah mengalami abrasi serta longsor dan menggeser tiang penyangga utama jembatan. Salah satu tiang roboh dan satu diantaranya lagi miring, hal ini membuat landasan jembatan menjadi amblas.

“Pagar bambu dan papan kayu sengaja dibuat oleh warga setempat, agar jembatan masih dapat dilalui biarpun keadaannya darurat. Sebab kalau tidak, masyarakat yang biasa memanfaatkan jalur ini harus berputar lebih jauh lagi,” Kata Mastaka, salah satu penjaga jembatan yang membantu warga menyeberang.

Diketahui, jembatan Cibereng adalah penghubung tiga wilayah kecamatan, diantaranya Terisi, Cikedung dan Lelea. Akibat tidak adanya jalur alternatif lainnya, hingga membuat jembatan ini menjadi satu-satunya akses terpenting aktivitas masyarakat sekitar. (Didi)

Komentar

News Feed