Citrust.id – Jaringan Indosat dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) di lebih dari 46 site di Indonesia telah 100 persen terintegrasi.
Integrasi sites tersebut selesai sesuai target satu tahun, pada akhir Maret lalu, dengan dukungan dari para mitra.
Para mitra itu, yaitu Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio. Ada pula mitra-mitra transmisi, core, infrastructure tower, fiber optic, dan lainnya.
Seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan. Kemudian kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi. Pengalaman internet juga lebih cepat hingga dua kali lipat.
Selain itu, kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, pengalaman pelanggan merupakan inti dari segala hal di Indosat. Seiring selesainya integrasi sites, kedua brand kini dapat memaksimalkan spektrum frekuensi yang ada untuk memberikan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pelanggan.
“Terlebih pada momen lebaran, kami memastikan, Indosat telah siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layanan yang maksimal,” ujarnya.
Indosat memprediksi kenaikan trafik data tertinggi sekitar 20 persen berbanding hari biasa selama periode libur lebaran tahun. Hal itu karena meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video, seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.
Perusahaan telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, serta menambahkan kapasitas data lebih dari 30 persen untuk lonjakan trafik data harian. Hal itu merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Indosat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut hari raya Idulfitri.
Indosat melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh tanah air. Antara lain, destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.
Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sembilan jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya. Optimalisasi jaringan juga di 30 jalan non-tol, seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.
Berdasarkan pengalaman Ramadan dan lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, semakin diperkuat dengan aktifnya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran.
Dengan dukungan lebih dari dua ribu petugas teknis bersiaga sepanjang waktu. Tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) memantau ketersediaan dan kualitas jaringan nasional selama 24/7.
Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga siaga untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin pelanggan alami selama masa liburan.
“Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih untuk dukungan para mitra strategis serta kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan berikan. Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Pengalaman digital pelanggan yang semakin baik akan membuka berbagai potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia pada masa depan,” pungkas Vikram Sinha. (Haris)
Komentar