oleh

Jangan Lupa! Matikan Lampu dan Tatap Langit Malam Ini

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengajak masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk menikmati keindahan gugusan bintang di langit nusantara pada Sabtu (6/8/2016) malam ini.

Untuk bisa menikmati keindahan itu, Lapan menyarankan masyarakat untuk mematikan semua lampu yang ada di luar ruangan selama pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

Dalam situasi langit gelap, akan tampak galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang yang membentang dari utara ke Selatan. Tampak juga rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar Rasi Angsa, yaitu Vega, Deneb, dan Altair. Sementara di langit selatan, terlihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang biasa digunakan sebagai penunjuk arah Selatan.

Pemandangan tersebut saat ini dinilai sudah langka terjadi di banyak wilayah perkotaan dunia karena makin parahnya polusi cahaya. Polusi yang dimaksud adalah bertaburannya cahaya lampu perkotaan sehingga menyebabkan langit tampak terang.

Cahaya lampu akhirnya mengalahkan cahaya bintang. Miliaran gugus bintang yang redup seperti Sungai Perak-Gingga, Milky Way, atau selendang Bima Sakti seakan menghilang dari pandangan karena kalah oleh polusi cahaya tersebut. (Net/CT)

BACA JUGA:   Aparat Keamanan di Majalengka Antisipasi Konflik Sosial

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed