oleh

Hewan Kurban Ngamuk Saat Khotbah Iduladha

Citrust.id – Pelaksanaan salat Iduladha di Kota Cirebon tahun ini diwarnai insiden. Seekor hewan kurban mendadak ngamuk, menerobos barisan jemaah yang tengah menyimak ceramah khatib salat Id di Kampung Kemakmuran, RW 01 Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk.

Sontak, peristiwa itu mengagetkan jemaah hingga mereka lari kocar-kacir. Insiden itu pertama terjadi di Kampung Kemakmuran. Biasanya, pelaksanaan ibadah penyembelihan hewan kurban setiap tahun berjalan lancar.

Peristiswa berawal saat warga setempat melangsungkan ibadah salat Iduladha, Minggu (11/8/2019) pagi. Selama salat berlangsung, hewan kurban yang terdiri dari 12 ekor kambing dan 1 sapi berada di sekitar lokasi salat. Namun, saat khotib ceramah, tiba-tiba seorang kambing lepas.

“Kambing itu masih terikat ditiang besi, tapi karena berontak, tiangnya lepas terbawa oleh hewan tersebut. Dengan tiang yang dibawa, kambing itu mengejar anak-anak hingga melintasi barisan jemaah yang sedang duduk khidmat mendengarkan ceramah,” tutur Ketua RW 01 Deny Rochman yang dibenarkan Sumantri, Ketua Panitia Kurban Masjid Al Ma’mur yang juga Sekretaris RW.

Ngamuknya hewan kurban itu diduga karena digoda oleh anak-anak yang berkerumun di sekitar lokasi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kehadiran hewan kurban menjadi daya tarik sendiri bagi anak-anak dan warga sekitar. Beruntung, insiden tersebut tidak memakan korban jiwa. Namun, dilaporkan ada satu-dua anak mengalami luka lecet-lecet.

Kendati diwarnai insiden, pelaksanaan salat Iduladha berlangsung hingga selesai. Saat ceramah berlangsung, jamaah disiram hujan rintik sesaat. Selang berapa lama, terjadilah insiden kambing ngambek yang bikin jemaah kocar-kacir menyelamatkan diri. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed