oleh

Guru Honorer Ini Raih Anugerah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat 2017

Cirebontrust.com – Seorang guru honorer, Warkina yang mengajar di SMPN 2 Suranenggala, Kabupaten Cirebon membawa harum nama daerahnya, Desa Suranggala, Kabupaten Cirebon. 

Siapa sangka, pria yang hanya mendapatkan honor Rp 300 ribu perbulan dari hasil mencerdaskan anak bangsa itu, kini mendapat anugrah pelopor pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan se-Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan penghargaan yang langsung dilakukan oleh Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan di Lapangan Gazibu Bandung yang bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jabar ke-72, pada Sabtu (19/08) lalu.

Apa yang diraihnya, membuat kebanggaan tersendiri baginya. Sebab, perjuangannya dalam memberdayakan masyarakat bidang pendidikan di daerahnya mendapat apresiasi oleh pemerintah.

Warkina sudah lebih dari enam tahun bergerak dan memotivasi masyarakat di bidang pendidikan. Dengan cara membuka perpustakaan keliling ke desa-desa, membuka pendidikan bagi ibu-ibu, PKBM.

Serta fasilitas pendidikan lainnya, dalam memotivasi dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Dan saya akan terus untuk lebih bergerak dalam mencerdaskan anak bangsa, serta terus berusaha agar kesadaran masyarakat di bidang pendidikan bisa lebih meningkat lagi,” kata Warkina kepada Cirebontrust.com saat ditemui di kediamannya.

Motivasi yang diberikannya, karena ingin mengubah karakter masyarakat di wilayahnya. Sebab, katanya selama ini sebagian masyarakat hanya dikenal dengan upayanya mengandalkan ototnya saja.

“Maka saya berusaha untuk mengubah itu, tidak menggunakan otot tapi dengan otak,” ujar Warkina.

Dalam upaya mengubah karakter masyarakat di wilayahnya, Warkina pun dibantu dua orang perempuan sebagai tutor dan beberapa orang laki-laki.

Hal itu dilakukan setiap hari dalam menemani kegiatannya keliling membawa mobil perpustakaan malam, yang ia sebut dengan nama “Layanan Bacaan Masyarakat”

BACA JUGA:   Waspada Terjadi Angin Kencang di Majalengka dan Kuningan

Bahkan, belum lama ini pun, Warkina telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon. Ia dinobatkan sebagai pengelola perpustakan desa tingkat kabupaten. (Sukirno Raharjo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed