oleh

Graduasi KPM PKH 2020 Bisa Meleset karena Pandemi Covid-19

Citrust.id – Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P Batubara mennyatakan target graduasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) tahun 2020 adalah 1 juta keluarga.

Namun hingga saat ini, KPM yang baru tergraduasi baru 711.000 KPM. Target graduasi bisa meleset karena kondisi pandemi Covid-19 yang mempengaruhi  perekonomian masyarakat.

“Pandemi Covid-19 ini mempengaruhi grafik target graduasi KPM PKH yang dilakukan pemerintah,” ujarnya saat jumpa pers usai acara Graduasi KPM dan Rekonsiliasi Nasional PKH 2020, Kamis (17/9) di salah satu hotel di Jalan By Pass Brigjen Dharsono Kabupaten Cirebon.

Juliari juga mengatakan, rata-rata warga yang graduasi tersebut atas dasar mandiri, artinya mereka sadar sudah tidak layak mendapatkan PKH.

“Setelah mereka mendapatkan PKH, kehidupannya lebih baik. Sehingga mereka mandiri dan sadar ada yang lebih berhak untuk menerima PKH,” ungkapnya.

Kondisi tersebut, kata Juliari, hendaknya bisa dilakukan oleh KPM PKH lainnya yang sudah mampu. Sehingga warga yang lebih berhak bisa mendapatkan bantuan.

Salah satu KPM PKH yang graduasi, Yusaidah, warga Panembahan Kabupaten Cirebon mengakui, ingin memberikan kesempatan kepada warga yang lebih berhak.

“Saat ini anak saya sudah sekolah dan masuk pesantren. Saya juga memiliki usaha kecil, yakni berjualan kue kering dan puding. Kemudian suami juga memiliki pekerjaan,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Pesta Adat Guar Bumi Desa Weragati Diisi Sosialisasi 3M

Komentar

News Feed