oleh

Gonjang-ganjing Gelar Pahlawan Nasional, Tugu Ki Bagus Rangin Tegak Berdiri di Desa Kedongdong

Cirebontrust.com – Warga Cirebon, Majalengka, dan juga Indramayu, sempat memperdebatkan gelar pahlawan untuk Ki Bagus Rangin dan daerah mana yang dianggap lebih memiliki hak atas asal-usulnya.

Namun, warga Kedongdong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon mengklaim, Ki Bagus Rangin lahir dan tumbuh di tanah Kedongdong serta memperjuangkan hak-hak pribumi. Ki Bagus Rangin juga yang telah memimpin Perang Kedongdong. Namun, jasa Ki Bagus Rangin sesungguhnya bukan hanya untuk Kedongdong.

“Kami sedang berupaya untuk menjadikan Ki Bagus Rangin sebagai Pahlawan Nasional. Salah satunya bekerjasama dengan budayawan Cirebon, Wawan Hermawan, untuk membuat komik Ki Bagus Rangin,” tutur Jumari, Kepala Staf Pemerintahan Desa Kedongdong (24/10).

Pada tahun 2015, setelah Bupati Cirebon memberikan penghargaan kepada Wali Kota Bandung, karena menjadi satu-satunya kota yang menggunakan nama Ki Bagus Rangin sebagai salah satu nama jalan di Kota Bandung, Pemerintah Desa Kedongdong mengundang Bupati Cirebon untuk meletakkan batu pertama pembuatan tugu Ki Bagus Rangin.

“Tugu ini dibangun untuk mengingatkan bahwa Ki Bagus Rangin telah sangat berjasa bagi Desa Kedongdong. Dan agar warga mengetahui bahwa ada pahlawan Desa Kedongdong yang bernama Ki Bagus Rangin,” ujar Jumari. (Eva/mgng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed