oleh

DPUTR Kota Cirebon Gencar Lakukan Normalisasi Sungai

Citrust.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon gencar melakukan normalisasi sungai. DPUTR telah membentuk Tim Piket Banjir untuk melaksanakan normalisasi sungai dan perbaikan senderan sungai yang sudah hancur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cirebon, Syaroni, ATD, MT, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Agung Kemal, ST, MM, menjelaskan, pihaknya rutin melakukan normalisasi sungai.

Tim Piket Banjir bentukan DPUTR Kota Cirebon menyisir sungai-sungai yang dipenuhi sedimentasi sampah. Sungai-sungai itu lalu dikeruk menggunakan alat berat maupun manual.

“Normalisasi ini merupakan salah satu upaya kami untuk meminimalisasi terjadinya luapan air sungai. Apalagi menjelang musim hujan,” ujar Agung, Selasa (28/9).

Dikatakan Agung, awal tahun 2020, DPUTR Kota Cirebon bekerja sama dengan Pelindo melakukan normalisasi muara Sungai Cipadu. Sedangkan akhir 2020 dilakukan normalisasi Sungai Cikalong.

Tahun ini, lanjut Agung, DPUTR Kota Cirebon telah melakukan normalisasi muara Sungai Sukalila, berkoordinasi dengan BBWS. Hingga kini, kegiatan itu masih berlangsung.

“Dilakukan pula normalisasi muara Kali Sontong yang lokasinya berdekatan dengan muara Sungai Sukalila,” ucapnya.

Agung menambahkan, DPUTR Kota Cirebon pun berkoordinasi dengan BBWS serta Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DKPPP) untuk melaksanakan normalisasi muara Sungai Kedung Pane.

“DPUTR telah melakukan normalisasi di seluruh muara sungai yang di Kota Cirebon. Kami juga telah melakukan normalisasi sungai-sungai besar, seperti Sungai Cikalong. Setelah dikeruk, tidak terjadi luapan air di sungai tersebut,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

News Feed