oleh

Dipiciu Kebakaran di Kanada, Harga Minyak Dunia Terus Naik

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Harga minyak dunia melonjak setelah terjadi kebakaran besar di wilayah pasir minyak Kanada menahan produksi terutama yang mengalir ke Amerika Serikat (AS).

Awal pekan ini, minyak kehilangan momentum kenaikan hampir tak terputus sejak April lebih 20% yang memberi brent keuntungan terbaik bulanan dalam tujuh tahun. Namun, pada Senin dan Selasa pekan ini, harga minyak mentah turun 6% karena produsen utama di dalam dan di luar OPEC memompa produksi hingga mendekati rekor tertinggi.

Harga minyak brent ditutup naik 39 sen atau 0,9% ke level USD45,01 per barel. Sementara, harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) naik 54 sen atau 1,2% menjadi USD44,32.

Sementara itu, fasilitas pasir minyak sebagian besar di sebelah utara api di kota Fort McMurray di Alberta yang menyebar selatan, sebanyak sepertiga dari kapasitas minyak mentah harian Kanada telah dipotong dan beberapa pipa utama ditutup setelah evakuasi.

Sebuah kargo minyak Glencore terdampar di Libya, setelah stand-off antara faksi-faksi politik timur dan barat. Beberapa pedagang mengatakan bahwa pasar telah bereaksi berlebihan untuk kedua kejadian tersebut.

Harga minyak mentah berjangka melonjak 5% sebelum mencapaiu keuntungan. Hal ini dikarenakan USD naik 0,6%, paling tinggi dalam tiga pekan terakhir, membuat harga minyak lebih mahal. (Net/CT)

BACA JUGA:   AKP Budi Hartono Jadi Kapolsek Bantarujeg

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed