oleh

Di Kesenden, Masih Ada Lansia yang Enggan Divaksin Covid-19

Citrust.id – Sebanyak 66 orang berumur lanjut usia (lansia) dari RW 02 dan 06 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon divaksin Covid-19 oleh petugas medis dari Puskesmas Kejaksan, Kamis (22/4) pagi, di RW 06 Kesenden.

Lurah Kesenden, Rulianto SSTP mengakui, dari undangan yang sudah disebar di dua RW tersebut yang lolos pemeriksaan sebelum vaksinasi tahap pertama ini hanya 40 orang.

“Sisanya tidak lolos, karena ada penyakit bawaan atau komorbid. Sehingga vaksinasi belum dibolehkan. Di sini tadi ada yang usia 80 tahun divaksin karena memang lolos skrining,” ujarnya.

Di sisi lain, Ruli juga mengakui, saat undangan vaksinasi disebar ada beberapa Lansia yang enggan untuk divaksin. Alasan yang disampaikan juga beragam.

“Jadi saat kader bergerak meyebar undangan kategori Lansia, ada beberapa yang tidak mau divaksin dengan alasan tertentu, misalnya karena puasa hingga tidak mau karena berita miring,” ungkapnya.

Dengan kondisi itu, Ruli berniat untuk tetap mendatangi warga yang enggan divaksin, kemudian memberikan sosialisasi, edukasi dan pemahaman terkait vaksin Covid-19.

“Nanti kita akan berikan edukasi kembali, agar jangan sampai warga tidak termakan berita hoaks atau berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait vaksinasi,” jelas dia.

Perlu diketahui, total sasaran lansia yang divaksin di Kelurahan Kesenden Kota Cirebon sebanyak 1.049 orang dari 11 RW, sedangkan yang sudah divaksin baru 361 orang. (Aming)

Komentar

News Feed