oleh

Dalam Semalam, Longsor dan Banjir Landa Sembilan Lokasi di Kuningan

Citrust.id – Hujan deras yang melanda Kabupaten Kuningan pada Minggu (13/3) kemarin, mengakibatkan bencana longsor dan banjir. Terdapat sembilan lokasi kebencanaan yang dirilis Pusdalops Badan Penanggulangan BencananDaerah (BPBD) Kabupaten Kuningan.

“Berdasarkan rekapan sementara lokasi kebencanaan, banjir ada di empat lokasi, yakni di Desa Babatan, Langseb, Baok, dan Desa Andamui, Kecamatan Ciwaru,” terang Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana.

Indra menambahkan, ada lima titik lokasi bencana tanah longsor yaitu di Desa Ciwaru dan Desa Padahurip, pergerakan tanah di Desa Jamberama serta banjir di Desa Maleber dan Dusun Muhara, Desa Mekarsari.

Atas informasi tersebut, pihaknya segera menyebarkan anggota BPBD dibantu para relawan, untuk membantu upaya penanganan bencana.

Di Desa Maleber, genangan air menutupi jalan raya sekitar pasar. Begitu juga di Desa Langseb hingga Pasar Cinagara, air meluap ke jalan raya sangat deras setinggi kurang lebih 50 cm.

Di Desa Ciwaru, longsor tebing pinggir jalan raya tumpah ke badan jalan sehingga material tanah menutupi jalan. Hal itu mengakibatkan arus lalu lintas terhambat dari dua arah. Sedangkan di Desa Padahurip juga terjadi longsor dan di Desa Jamberama pergerakan tanah.

Sekira pukul 21.30 WIB, genangan air di beberapa tempat dilaporkan sudah berangsur surut. Warga yang rumah mereka dimasuki genangan air melakukan bersih-bersih lumpur hingga larut malam. (Andin)

Komentar