oleh

Camat Depok Sarankan Perangkat Desa Netral dalam Pilkades Serentak

Cirebontrust.com – Terkait sudah memasuki tahap penjaringan bakal calon, Camat Depok Kabupaten Cirebon Dedi Efendi memberikan saran kepada seluruh perangkat desa yang akan melaksanakan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak, harus bersikap netral dan profesional dalam menjalanan tugasnya.

Menurut Dedi Efendi, sikap netral dari seluruh perangkat desa, terutama Desa Warugede dan Desa Kasugengan Kidul yang mengikuti proses Pilwu serentak di tahun 2017, pada akhir Oktober mendatang demi terjaganya ketenangan masyarakat.

“Kita memang mengetahui mereka (perangkat desa, red) memiliki hak pilih, tetapi kami tetap meminta sebagai perangkat desa harus netral dalam bersikap. Demi tujuan bersama, melancarkan proses pilwu, ya jelas harus bersikap netral, jangan sampai menunjukkan sikap yang menonjol di depan umum,” katanya.

Bukan saja perangkat desa, semua lembaga desa, seperti BPD. LPMD dan Karang Taruna harus bersikap netral dan mendukung terlaksananya pilwu yang lancar dan tidak ada gejolak di tengah masyarakat.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pantia sebelas, sebagai pihak yang menjadi pelaksana dan bertanggungjawab atas pelaksanaan pilwu. Untuk itu, kita juga melakukan koordinasi dengan Muspika Kecamatan Depok, agar dalam pilwu serentak berjalan lancar,” tandasnya.

Terkait dengan permasalahan definitif yang mencalonkan kembali, masih harus bertugas hingga ditetapkannya sebagai calon kuwu. Artinya, setelah ada penetapan itu, kuwu harus mengambil cuti tidak boleh menjalankan tugasnya sebagai kuwu.

“Nanti kita tetapkan seorang pejabat sementara untuk kuwu, hingga msenghantarkan proses pemilihan kuwu selesai,” ujarnya.

Dia menghimbau, kepada seluruh perangkat desa, lembaga desa baik BPD dan LPMD dan Karang Taruna harus menjaga sikap netral mereka. Juga ikut menjaga suasana kondusif sepanjang proses tahapan pilwu berjalan hingga selesai. (Asna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed