oleh

Buruk Pengelolaan, Spesies Hiu Gergaji di Indonesia Terancam Punah

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kepala Sub Bagian Perlindungan dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Syamsul Bahri Lubis menyatakan, bahwa spesies ikan hiu di Indonesia saat ini terancam punah, karena selama ini tidak dikelola dengan baik.

Salah satu spesies yang berstatus punah di Indonesia adalah ikan hiu gergaji. Ikan hiu jenis ini saat ini sudah sangat langka. Selain tidak dikelola dengan baik, alasan lainnya belum ada regulasi yang jelas tentang pengendalian serta pemanfaatannya.

Penyusunan regulasi pembatasan penangkapan ikan hiu di wilayah perairan Indonesia perlu dibuat sebagai upaya perlindungan dalam pengelolaan perikanan ikan hiu secara komprehensif.

Menurutnya, selain bertujuan untuk melestarikan populasi ikan hiu dan ekosistem laut dalam keseimbangan yang lebih baik, melakukan sosialisasi kepada semua tingkatan masyarakat di pesisir pantai pun penting, aturan yang saat ini sedang disusun oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan secara spesifiknya harus ada kearifan lokal. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kapal Perang Buatan Jerman Timur Bersandar di Pelabuhan Cirebon

Komentar

News Feed