oleh

BPJS Kesehatan Cirebon-TKMKB Bersinergi Tingkatkan Mutu Layanan Program JKN-KIS

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon mengadakan pertemuan koordinasi dengan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Wilayah Ciayukuning, Rabu (24/4/2019).

Koordinasi tersebut sebagai salah satu upaya mewujudkan penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berkualitas dan berkesinambungan sekaligus memberikan pelayanan yang optimal bagi peserta JKN-KIS.

Pertemuan koordinasi dibuka Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ansharuddin. Turut hadir Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Rika Purnama dan Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Ridha Mugiar.

Adapun TKMKB yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Pengurus Ikatan Dokter Indonesia, Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia, Pengurus Ikatan Bidan Indonesia dan Pengurus Perawat Nasional Indonesia di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Kuningan.

“Dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, tidak menutup kemungkinan adanya potensi penyalahgunaan yang terjadi yang dapat menimbulkan inefisiensi pembiayaan. Oleh karenanya, pertemuan koordinasi ini merupakan salah satu upaya menjaga mutu dan pengendalian biaya pelayanan Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS,” ungkap Ansharuddin.

Ansharuddin menjelaskan, TKMKB sudah berjalan semenjak terselenggaranya Program JKN-KIS dan setiap tahunnya mengalami perubahan. Tugas utama TKMKB ialah melakukan evaluasi kebijakan kewenangan tenaga Kesehatan dalam menjalankan praktek profesi.

TKMKB juga memberikan rekomendasi apabila terjadi perbedaan pemahaman antara BPJS Kesehatan dengan FKRTL (dalam hal penerapan mutu pelayanan medis, melakukan pembahasan terhadap usulan perbaikan kebijakan baru dan melakukan evaluasi pelayanan Kesehatan bagi peserta untuk menyusun profil pelayanan kesehatan.

“Dukungan dari semua pihak tentunya dapat memberikan peningkatan optimali yang signifikan bagi Program JKN-KIS ke depan,” imbuh Ansharuddin

Senada, Ketua Tim TKMKB terpilih, Mohamad Luthfi, sekaligus Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Cirebon, mengutarakan, pihaknya menyambut baik pertemuan itu. Dirinya berharap, koordinasi yang terjalin dengan BPJS Kesehatan dapat mengoptimalkan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS.

BACA JUGA:   Operasi Zebra Lodaya 2019 Berlaku Mulai Hari Ini

“Mengingat keanggotaan TKMKB terdiri dari beberapa elemen yang kompeten di bidangnya, pertemuan rutin TKMKB ini dapat memberikan persamaan persepsi dalam mengoptimalkan penyelenggaraan Program JKN-KIS” ujar Mohamad Luthfi. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed