oleh

BPJS Kesehatan Cirebon Ajak Badan Usaha Optimalkan New e-Dabu

Citrust.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cirebon kembali mengadakan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada 600 Badan Usaha yang berada di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

Kegiatan yang berlangsung secara bertahap selama tiga hari itu dihadiri oleh Pimpinan serta Human Resources Departemen (HRD) dari masing-masing badan usaha. Adapun tujuan dari dilakukan sosialisasi itu, yaitu dalam rangka meningkatkan pemahaman badan usaha/ pemberi kerja dalam penggunaan aplikasi New e-Dabu.

Cardi, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, menjelaskan, aplikasi New e-Dabu merupakan salah satu aplikasi BPJS Kesehatan yang dapat mempermudah badan usaha/pemberi kerja. Dengan aplikasi New e-Dabu, badan usaha/pemberi kerja dapat melakukan penambahan dan pengurangan peserta, melakukan pengecekan tagihan iuran serta mengunduh entitas peserta yang terdaftar dalam Program JKN-KIS.

Selain itu, Badan Usaha/pemberi kerja juga dapat mengubah atau melakukan update upah karyawan yang belum sesuai dengan pendapatan karyawan setiap bulannya.

“Dengan kemudahan yang ditawarkan aplikasi New e-Dabu akan membuat Badan Usaha tidak kesulitan dalam melakukan update data kepesertaan program JKN-KIS bagi semua karyawannya, tanpa perlu repot-repot datang ke Kantor BPJS Kesehatan,” ujar Cardi, Kamis (12/9).

Selain sosialisasi aplikasi New e-Dabu, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon juga mengadakan sosialisasi tentang aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi untuk kemudahan calon peserta atau peserta JKN-KIS, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat di unduh melalui aplikasi Mobile JKN di Google Playstore atau Apps Store.

“Melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta JKN-KIS dapat memperoleh kemudahan dalam mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, serta penyampaian pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS,” jelas Cardi.

BACA JUGA:   Ini Tanggapan Bupati Majalengka Soal Kasus yang Menimpa Anaknya

Novi Vera, salah seorang peserta sosialisasi, menyambut baik kegiatan seperti itu. Selain dapat lebih memperdalam pemahaman terkait pengelolaan aplikasi New e-Dabu, peserta juga dapat mengetahui lebih lanjut penggunaan aplikasi Mobile JKN.

Menurutnya, kehadiran aplikasi New e-Dabu jelas sangat membantu badan usaha/pemberi kerja dalam menjalankan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Sosialisasi ini secara langsung meningkatkan pemahaman saya tentang aplikasi New e-Dabu. Selain itu, kami juga menjadi lebih paham akan fungsi aplikasi Mobile JKN,” kata Novi Vera.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed