oleh

BPJS Kesehatan Buka Stand di Karangwangun Kab Cirebon Untuk Permudah Pendaftaran

Citrust.id – Untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) tahun 2019, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon terus melakukan berbagai upaya peningkatan perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuka stand booth seperti yang tengah dilakukan di Desa Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon.

Menurut Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Cardi, untuk meningkatkan cakupan kepesertaan program JKN-KIS, perlu adanya upaya jemput bola yang dilakukan ke daerah-daerah yang berada jauh dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

“Untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di setiap Kabupaten di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, salah satu upaya yang kami rencanakan yaitu  dengan membuka stand pendaftaran di desa seperti saat ini,” kata Cardi.

Ia menyampaikan, rencananya pembukaan stand booth pendaftaran di desa akan dilakukan setiap hari kerja secara bertahap dan bergantian di beberapa desa di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

“Setiap hari, kami akan membuka stand booth di desa yang berbeda secara bergantian. Sebelumnya kami berkoordinasi terlebih dahulu dengan kepala/perangkat desa,” terangnya.

Masyarakat yang melakukan pendaftaran di stand booth  tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Kartu peserta akan dikkrim melalui pos ke desa alamat terdaftar setelah peserta melakukan pembayaran pertama.

“Paling lambat 3×24 jam nomor Virtual Account (VA) serta informasi pembayaran akan dikirim melalui SMS. Setelah membayar kartunya akan kami kirim melalui kantor pos atau Desa,” ungkap Cardi.

Kemudahan yang ditawarkan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon tersebut disambut baik masyarakat Desa Karangwangun. Mereka datang berbondong-bondong mendaftar JKN-KIS di stand booth pendaftaran.

BACA JUGA:   RAPBD 2020 Disetujui, Begini Instruksi Walikota Cirebon kepada SKPD

Kepala Desa Karangwangun, Wahyu, mengatakan, stand booth pendaftaran saat itu sangat membantu.

“Cukup banyak warga yang ingin mendaftar akan tetapi daerah kami cukup jauh dari Kantor BPJS Kesehatan terdekat,” ungkapnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed