oleh

Berolahhraga Sendiri atau Berkelompok yang Lebih Baik?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Olahraga sepertinya kegiatan yang masih jarang dilakukan banyak orang. Bermacam alasan muncul karena malas bergerak. Namun, ada pula yang melakukan olahraga karena faktor ingin ditemani. Tidak jarang juga ada yang memilih melakukan olahraga sendiri. Terlepas dari itu semua, olahraga merupakan kebutuhan bagi tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Ada beberapa pendapat tentang mana yang lebih baik antara melakukan olahraga sendirian atau bergerombol, menurut Thomas Plante, Ph.D., direktur Spirituality and Health Institute di Santa Clara University, satu studi menemukan, ada 95 persen orang berhasil menyelesaikan program penurunan badan yang diselenggarakan secara berkelompok bersama teman-teman.

Di sisi lain, berolahraga sendiri, terutama di luar ruangan atau di alam bebas, biasanya lebih menenangkan dan ini sangat bermanfaat untuk latihan Anda.

Jika Anda lebih bisa berolahraga di waktu pagi, sesi olahraga dalam kelompok mungkin lebih baik. Tetapi jika jadwal Anda hanya memungkinkan untuk berolahraga sore setelah pulang kerja, berolahraga sendiri di luar ruang, lebih layak dijadikan pilihan karena bersifat menenangkan pikiran kacau .

Dalam dunia yang sibuk dengan smartphone, email, dan gangguan lainnya, waktu 30 menit berolahraga adalah salah satu dari waktu langka yang bisa Anda gunakan untuk berpikir tenang dan berkontemplasi.  Ketika Anda berolahraga sendiri, otak Anda memiliki waktu untuk memikirkan dan merenungkan masalah.

Tapi Anda tidak akan mendapat hal semacam itu selama latihan kelompok. Latihan kelompok mungkin menggembirakan tapi Anda tak punya waktu tambahan untuk berpikir bebas dan mendapat ketenangan psikis. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pemkot Benahi Tata Kelola Keuangan untuk Cegah ASN Langgar Hukum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed