oleh

Bahaya Spambot, Jangan Klik Postingan ‘Siapa yang Mengintip Facebook Kamu…’

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Facebook masih menjadi medsos yang masih digemari hingga hari ini. Ketika sedang berselancar di Facebook, pernahkah Anda menemui salah satu postingan atau tautan ‘Ingin tahu siapa yang mengintip Facebook kamu…”? Waspadalah, karena itu bisa jadi merupakan spambot yang kemungkinan besar menggunakan Siapalihat.com, situs tersebut kabarnya sudah di-suspended.

Siapalihat.com sebenarnya menggunakan teknik lama yang mengeksploitasi kelemahan dalam aplikasi (apps) Facebook. Salah satu apps yang sering dieksploitasi adalah HTC Sense.

Menurut Alfons Tanujaya, dari Vaksin.com, saat ini sudah banyak beredar postingan di status akun Facebook yang menuliskan kalimat siapa saja yang bisa melihat Facebook miliknya dan tidak lupa disertakan nama-namanya.

Alfons mengatakan, bahwa sebenarnya itu langsung dicomot dari friend list akun korban yang diklaim mengintip akun Facebook yang telah dikuasai spambot tersebut supaya calon korban lainnya percaya dan mengikuti apa yang diperintahkan oleh situs Siapalihat.com , Sekali korbannya mengklik tautan yang diberikan, maka proses rekayasa sosial dimulai.

Cara membasmi spambot yang sudah terlanjur terjebak tidak bisa serta merta hanya dengan mengganti password. Namun, dengan cara menghapus aplikasi HTC Sense.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka peramban dan login ke akun Facebook Anda.

2. Buka alamat situs https://www.facebook.com/settings?tab=applications.

3. Arahkan mouse ke “HTC Sense” dan klik [X] untuk menghapus (remove) aplikasi ini. Anda akan mendapatkan konfirmasi.

4. Pastikan Anda memilih centang “Delete all your HTC Sense activities including posts, photos and videos on Facebook. This may take few minutes” dan klik [Remove] untuk menghapus aplikasi HTC Sense dan membebaskan anda dari eksploitasi bot ini.

5. Kunjungi wall seluruh teman anda dan hapus satu persatu posting yang dilakukan bot dan informasikan bagaimana cara menghapus bot pada teman yang terinfeksi.

BACA JUGA:   Penjual Es yang Ditangkap Densus 88 Diduga Terlibat Jaringan JAD

6. Kunjungi satu per satu notifikasi pada akun Facebook Anda dan jika ada posting bot, segera hapus dan informasikan kepada rekan Anda supaya tidak ikut tertipu. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed