oleh

Antisipasi Banjir Sudah Dimulai di Awal Musim Kemarau

Citrust.id – Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati meninjau normalisasi Sungai Cikalong di Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Senin (27/7). Normalisasi dengan cara pengerukan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWSCC).

Eti mengatakan, pengerukan dilakukan untuk menanggulangi luapan banjir di kawasan Kalijaga. Normalisasi dilakukan hingga pertemuan Sungai Cikalong dengan Sungai Cikenis.

“Minimal saat musim hujan, mulut sungai dibuka untuk bisa menampung air lebih banyak. Kemudian, saya lagi berpikir agar bisa dibronjong. Karena kalau tidak dibronjong akan kembali meluap,” katanya.

Selain itu, kata Eti, mengenai pemanfaatan lahan di salah satu titik sempadan sungai sudah diskusikan, yakni untuk taman dan area bermain. Namun, itupun harus seizin BBWSCC.

“Harus ada yang komitmen untuk pemeliharaan. Karena hari ini kita mengeruk, kalau pemeliharaan tidak ada akan repot. Minimal BBWSCC saat ini sedang sedang menanggulangi persoalan tahunan kita,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Cirebon, Agung Kemal Hasan ST MM mengatakan, dalam normalisasi Sungai Cikalong ini DPUPR membantu penyediaan alat transportasi berupa dump truck. “Urugannya kita bawa untuk meminimalisasi sedimentasi dan luapan Sungai Cikalong,” katanya. (Aming)

BACA JUGA:   Siap Digelar, Peringatan Harjad ke-651 Kota Cirebon Manfaatkan Teknologi Terkini

Komentar

News Feed