oleh

‘Angkernya’ Tikungan Air Terjun Sirkuit Sachsenring Bagi Pembalap MotoGP

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Minggu besok merupakan jadwal pertandinga para punggawa MotoGP. Sepertinya fakta Sirkuit Sachsenring punya area yang cukup angker kembali terbukti di Grand Prix Jerman musim ini. Dalam dua kali sesi latihan bebas, lima pembalap terjatuh di tikungan ke-11 Sachsenring atau yang kerap dijuluki tikungan air terjun (waterfall).

Jorge Lorenzo, Scott Redding, Stefan Bradl, Maverick Vinales, serta Tito Rabat tergelincir di tikungan ke-11 Sachsenring meski cuaca dikabarkan mendukung. Walau tidak ada yang mengalami cedera serius.

Total Sachsenring memiliki 10 tikungan ke kiri (left-hander) dan tiga ke kanan (right hander). Tikungan ke-11 Sachsenring merupakan bentuk tikungan ke kanan. Perbedaan jumlah tikungan itu yang membuat pembalap sering jatuh. Bagian ban kiri yang lebih banyak terpakai, membuat ban bagian kanan jadi dingin.

Kondisi itu diperparah dengan bentuk tikungan ke-11 yang curam alias menurun. Dengan pembalap rata-rata memacu motornya hingga mencapai 193 km/jam di area tersebut, mengendalikan kuda besi seberat 157 kg dengan cengkraman ban bagian kanan yang rendah akan menyulitkan.

Meski pada 2014 area tersebut sudah mendapat perombakan oleh Komisi Keselamatan MotoGP dan FIM, tetap saja area tersebut cukup sulit ditaklukkan. Setidaknya bukan untuk Marc Marquez, yang selalu bisa jadi pemenang di sirkuit terpendek itu dalam enam musim terakhir. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Amankan Ribuan Botol Miras

Komentar

News Feed