oleh

Anemia Bukan Darah Rendah? Apa Bedanya?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ternyata, pemahaman akan penyebab, gejala, hingga pengertian Anemia oleh masyarakat awam khususnya di Indonesia masih mengalami kekeliruan.

Secara sederhana, kedua permasalahan kesehatan tersebut bisa dibedakan, tekanan darah rendah yaitu tekanan darah dalam pembuluh darah yang berkurang sedangkan darah rendah yaitu zat dalam darah itu sendiri berkurang atau alau darah rendah itu tekanan darahnya yang rendah atau lemah, ini diukurnya dengan menggunakan tensi meter. Sedangkan anemia adalah butir darah merahnya yang berkurang, ini diukurnya pakai Hb meter.

Anemia adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki sel-sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang memadai ke setiap organ dan jaringan tubuhnya. Gejalanya bervariasi, mulai dari kelelahan, muka pucat, jantung berdetak cepat tapi tak beraturan, sesak napas, nyeri dada, pening, gangguan kognitif, hingga tangan terasa dingin, begitu pula dengan kaki serta sakit kepala.

Sedangkan  darah rendah atau lengkapnya penyakit tekanan darah alias hipotensi menunjukkan kondisi dimana tekanan darah Anda lebih rendah dari tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg. Tekanan darah normal adalah jika memiliki sistolik (batas atas saat jantung kerja) 120 mmHg dan diastolik (batas bawah saat jantung istirahat) 80 mmHg atau sering disebut 120/80 mmHg. (Net/CT)

BACA JUGA:   Operasi Zebra Sasar Pelanggar Lantas dan Prokes Covid-19

Komentar

News Feed