oleh

Akhirnya Angkat Bicara, Inilah Sosok Pembocor Dokumen Panama Papers

Ilustrasi

CIREBON (CT)  –  Pembocor dokumen Panama Papers buka suara untuk pertama kalinya dengan menggunakan nama John Doe. Dia menawarkan bantuan pada otoritas hukum sebagai imbalan untuk imunitas.

Dalam pernyataannya, mengungkapkan tidak pernah bekerja untuk badan intelijen atau pemerintah. Dia memulai pernyataannya dengan menyebut kesetaraan pendapatan sebagai motifnya membocorkan dokumen.

Pernyataan tersebut muncul tidak lama sebelum Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato mengenai ekonomi, dimana ia mengatakan Panama Papers sebagai masalah korupsi dan penggelapan pajak. Meski memakai nama samaran John Doe, namun tidak disebutkan jenis kelaminnya.

Ribuan penuntutan bisa dilakukan dari Panama Papers hanya jika penegak hukum dapat mengakses dan mengevaluasi dokumen-dokumen yang sebenarnya. Dia mengatakan, bahwa Konsorsium Internasional Jurnalis Investigatif (ICIJ) dan mitra publikasi telah melakukan langkah yang benar dengan tidak memberi Panama Papers kepada lembaga penegak hukum. (Net/CT)

BACA JUGA:   Terkait Reklasifikasi, Komisi II Beri Saran PAM Tirta Giri Nata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed