oleh

Agar Berlebaran Tetap Sehat, Cari Tahu Jumlah Kalori Opor Ayam hingga Rendang

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Hari kemenangan sudah di depan mata. Para ibu-ibu di rumah pun mulai sibuk menyiapkan hidangan khas untuk menyambut hari raya. Biasanya, dalam satu meja makan sudah disiapkan berbagai macam lauk pauk untuk teman makan ketupat. Sebelum Anda menyantap hidangan lezat tersebut, ada baiknya mengetahui jumlah kalorinya dulu.

Berikut perkiraan atau rata-rata jumlah kalori dalam hidangan lebaran per 100 gram seperti diungkapkan dokter gizi dari Universitas Indonesia Dr. dr. Saptawati Bardosono.

5. Opor ayam
Tak lengkap rasanya, hidangan lebaran tanpa opor ayam. Opor ayam yang diibuat dengan kuah santan ini ternyata mengandung kalori cukup tinggi, yaitu sekitar 203 kalori.

4. Semur daging
Semur daging juga menjadi salah satu hidangan yang paling sering ditemui saat lebaran. Dalam 100 gram semur daging mengandung sekitar 132 kalori.

3. Sambal goreng hati
Sambal goreng hati yang biasanya dimasak dengan kentang dipotong dadu ini memiliki jumlah kalori per 100 gram sekitar163 kalori.

2. Sayur lodeh
Sayur lodeh selalu menjadi hidangan lebaran untuk pelengkap makan ketupat. Untuk sayur lodeh, per 100 gram mencapai sekitar 50 kalori.

1. Rendang
Makanan asal tanah minang ini seolah menjadi salah satu menu wajib saat lebaran. Rendang yang berbahan daging sapi ini mengandung sekitar 193 kalori per 100 gram.

Nah, sebaiknya hindari menyantap hidangan lebaran terlalu berlebihan. Aturlah pola makam bergizi seimbang seperti biasa. Bila berlebihan, dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula darah, lemak, dan tekanan darah. Apalagi jika memiliki diabetes, kolesterol tinggi, hingga hipertensi. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kejari Majalengka Tangani Kasus Korupsi CSR dan Dana Desa

Komentar

News Feed