oleh

Wisata di Desa Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci, Jambi, Sumatera Tengah

Citrust.id – Bagi para pelancong yang suka akan pariwisata, selain beberapa tempat desa yang memberikan banyak panorama indahnya, ada salah satunya yaitu Kersik Tuo sebuah desa yang berada di wilayah Kabupaten Kerinci, Jambi, Indonesia.

Desa ini menjadi salah satu gebang utama menuju Gunung Kerinci. Kersik Tuo merupakan jalur resmi yang paling banyak diminati para pendaki, karena lebih mudah dibandingkan Solok. Selain itu, kamu bisa menikmati panorama desa dengan latar pemandangan Gunung Kerinci.

Kersik Tuo adalah sebuah desa di Kecamatan Kayu Aro dengan penduduk tercatat pada tahun 2010, penduduk desa ini berjumlah 2.532 jiwa., Desa ini berada kaki gunung ini lebih mudah diakses dari Padang, Sumatra Barat, ketimbang dari Jambi itu sendiri. Penghasilan utama, sekaligus pekerjaan mayoritas masyarakatnya adalah pegawai kebun teh, menanam sayur, dan sebagian mendapatkan tambahan dari mengelola home stay, porter atau guide bagi para pendaki Kerinci dan Gunung Tujuh.

Mayoritas penduduknya adalah Suku Jawa, mereka masih berbicara menggunakan bahasa jawa untuk berkomunikasi setiap saat, mempraktekkan cara berpikir dan budaya Jawa..seperti nenek moyang mereka. Ya, mereka masih merasa menjadi orang Jawa seutuhnya, dan bangga dengan itu.

Di Desa Kersik Tuo terdapat beragam basecamp pendakian yang buka 24 jam. Sambil istirahat dan meyiapkan barang, kamu bisa mencari guide atau porter pendakian dengan harga sekitar Rp 250 ribu per hari. /SW

Komentar

News Feed