oleh

Telkomsel Akselerasikan Adopsi Teknologi dan Ekonomi Digital Sektor UMKM

Citrust.id – Telkomsel konsisten membangun ekosistem digital yang inklusif dengan mempercepat adopsi teknologi dalam ekosistem ekonomi digital melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Guna mendorong komitmen tersebut, Telkomsel menyelenggarakan inisiatif berskala nasional dalam bentuk program UMKM Movement, Rabu (12/8), bertepatan dengan Hari UMKM Nasional.

Program yang dikemas dalam kegiatan Webinar itu diselenggarakan serentak di 12 kota. Tujuannya merangkul para pelaku UMKM agar dapat bangkit dengan meningkatkan produktivitas serta memperluas pasar secara digital.

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, mengatakan, mengambil peran sebagai connectivity enabler, Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan berteknologi terdepan yang mampu menjangkau 95 persen wilayah populasi Indonesia. Telkomsel juga siap menghadirkan koneksi berkualitas untuk mendukung transformasi digital sektor bisnis terutama UMKM di berbagi segmen.

Berbekal konektivitas terbaik yang dapat diakses oleh para pelaku UMKM di berbagai penjuru negeri, Telkomsel berkomitmen untuk memperkuat ekosistem digital dalam aktivitas bisnis UMKM sehingga dapat mendukung peningkatan efisiensi dan produktivitas.

“Program UMKM Movement juga diharapkan menjadi momentum bagi kami bersama para pelaku UMKM untuk berkolaborasi, memperkuat implementasi teknologi digital dalam meningkatkan daya jual sektor UMKM agar bisa bersaing sejajar dengan ragam produk dari mancanegara,” ujar Ririn.

Pada program webinar UMKM Movement, Telkomsel kembali menghadirkan keunggulan layanan solusi digital 99% Usahaku, yakni sebuah solusi inovatif yang merangkul UMKM untuk go digital dan mampu menjadi ujung tombak dalam menumbuhkan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

Untuk itu, 99% Usahaku menyediakan one stop digital platform yang menghadirkan ragam konten pembelajaran, mulai dari digital learning, artikel informasi bisnis, hingga cerita sukses para pelaku UMKM. Selain itu, 99% Usahaku akan menghubungkan para pelaku UMKM satu sama lain melalui fitur forum diskusi.

BACA JUGA:   Intibios Lab akan Beroperasi di Kota Cirebon, Tes Covid-19 dengan Cepat dan Harga Terjangkau

Melalui layanan 99% Usahaku, para pelaku UMKM juga bisa menikmati ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel myBusiness, unit usaha Telkomsel yang secara khusus dihadirkan untuk menyediakan solusi enterprise bagi berbagai tingkat bisnis.

“Para pelaku UMKM pun bisa mendapatkan konten pembelajaran (digital learning, artikel informasi bisnis, cerita sukses, para pelaku UMKM), fitur forum diskusi antar pelaku UMKM, dan ragam solusi layanan bisnis yang disediakan di dalam platform 99% Usahaku,” jelas Ririn.

Layanan 99% Usahaku dirancang sebagai wadah inklusif yang mampu mengakselerasikan adopsi teknologi dan ekonomi digital di sektor UMKM guna meningkatkan kapasitas penjualan dan memperluas cakupan pasar.

Program UMKM Movement diselenggarakan serentak di 12 kota di seluruh Indonesia, yaitu Pekanbaru, Lampung, Medan, Bandung, Cirebon, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Malang, Makassar, dan Manado. Kota Jakarta sebagai kota penutup dalam penyelenggaraan program UMKM Movement l.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan pemerintah dan mitra strategis, yang meliputi Kementerian Koperasi dan UKM, LinkAja, Bank Mandiri, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

Jawa Barat sendiri menjadi provinsi yang mendapatkan gelaran webinar di 2 kota sekaligus yakni Bandung dan Cirebon (12/8). Khusus untuk Kota Bandung, webinar itu membahas Kiat Membangun Merk Usaha”. Sedangkan di Kota Cirebon mengangkat temanMembangun Usaha melalui Reseller.

Kegiatan itu diikuti ratusan para peserta dari pelaku bisnis UMKM di wilayah Bandung dan Cirebon. Sebagai provinsi yang ramai penduduk, UMKM di Jawa Barat diharapkan dapat berkembang pesat serta produknya bisa berdaya saing hingga ke tingkat global.

Webinar di Kota Bandung dan Cirebon tersebut menghadirkan beragam inspiring speaker, seperti Hj. Atalia Praratya, S.I.P., M. I.KOM. selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat, Drs. Kusmana Hartadji, MM selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Drh. Hj. Maharani Dewi selaku Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon, serta para pelaku UMKM yang telah sukses membangun bisnisnya.

BACA JUGA:   Polres Majalengka Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Ke depan, lanjut Ririn, Telkomsel melalui 99% Usahaku telah menyiapkan sejumlah upaya berkelanjutan dalam mendorong adopsi teknologi dan ekonomi digital di sektor UMKM Tanah Air. Upaya tersebut meliputi program-program yang berkaitan dengan edukasi, pendampingan usaha, dan pembukaan akses terkait kebutuhan usaha.

Salah satu program yang telah dicanangkan oleh Telkomsel adalah Penyaluran Kredit Usaha Mikro (KUM) Bank Mandiri kepada reseller/outlet resmi Telkomsel melalui saldo LinkAja. Diharapkan kehadiran 99% Usahaku pada UMKM Movement mampu menginspirasi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk memperluas dan memperdalam implementasi teknologi digital di dalam operasionalnya.

“Telkomsel optimis, potensi bisnis UMKM di tanah air akan semakin berkembang dan bisa meningkatkan kapasitas produksi secara efisien dan terarah melalui implementasi teknologi digital tepat guna. Ke depan, Telkomsel melalui 99% Usahaku akan terus bergerak maju mengakselerasikan ekosistem digital di dalam UMKM secara menyeluruh dan berkelanjutan,” pungkas Ririn. (Haris)

Komentar

News Feed