oleh

Sejumlah Stok Darah di PMI Kabupaten Cirebon Kosong

Cirebontrust.com – PMI Kabupaten Cirebon masih kekurangan stok darah, khususnya golongan darah AB dan O tidak tersedia samasekali. Sementara untuk stok golongan darah A dan B masih tersedia meskipun terhitung sedikit.

Saat ini, di PMI Kabupaten Cirebon untuk stok golongan darah A dan B hanya tersedia masing-masing 10 kantung darah.

Bagian Kendala Mutu PMI Kabupaten Cirebon Koharudin mengatakan, idealnya stok darah di kantor PMI Kabupaten Cirebon setiap harinya berada pada angka 70 kantung darah. Namun terhitung sejak dua bulan belakangan, berada pada angka 20 kantung setiap hari.

Dari 20 kantung darah yang masuk, hanya 2-3 kantong darah golongan AB dan O yang masuk.

“Ini masih jauh dari ideal. Idealnya seluruh golongan 70 kantong darah termasuk golongan darah AB dan O,” kata Koharudin, Rabu (12/07).

Saat ini pihak PMI Kabupaten Cirebon sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui desa untuk mendonorkan darahnya. Hal itu merupakan langkah agar stok darah di PMI Kabupaten Cirebon terpenuhi.

“Sudah sosialisasi ke desa-desa untuk donor. Kalau ke sekolah saat ini sulit karena masih suasana libur,” katanya.

Kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, Koharudin mempersilakan masyarakat datang langsung di kantor PMI Kabupaten Cirebon yang terletak di samping Puskesmas Plered.

“Misal mahasiswa mau ada event donor darah bisa ajukan suratnya. Kalau masyarakat bisa langsung datang ke sini,” terangnya.

Koharudin menambahkan, kurangnya stok darah di PMI Kabupaten Cirebon salah satunya yakni disebabkan banyak daerah tetangga yang meminta bantuan stok darah di PMI Kabupaten Cirebon.

“Memang setiap tahun pasti begini, musiman. Selain itu juga PMI Kabupaten Cirebon banyak permintaan dari daerah Ciayumajakuning,” tukasnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Tukang Parkir dan Calo Diberi Imbauan 3M

Komentar

News Feed