oleh

Perayaan Cap Go Meh Wihara Welas Asih Berlangsung Meriah

Cirebontrust.com – Perayaan kirab budaya Cap Go Meh ke-2568 yang jatuh pada Sabtu (11/02) siang ini, tepatnya pukul 14.00 WIB yang bertempat di Wihara Welas Asih Kota Cirebon berlangsung meriah.

Kirab budaya Cap Go Meh merupakan puncak acara dari peringatan Gong Xi Fa Cai oleh masyarakat tionghoa khususnya Cirebon. Sebanyak 15 Tandu di kirab mengelilingi rute yang telah ditentukan.

Iyan selaku panitia dalam acara Cap Go Meh mengatakan, untuk rute kirab dimulai di Wihara Welas Asih, lalu lanjut ke Pasuketan, Pekiringan, Parujakan, Sukalila, Karang Getas, Winangun, Kanoman, Pasar Talang, Kebumen dan diakhiri di Wihara Welas Asih.

“Ini merupakan puncak acara dari peringatan Gong Xi Fa Cai, naga dan lima belas tandu dikirab berdasarkan rute,” ujar Iyan pada Cirebontrust.com, Sabtu (11/02).

Dirinya juga menambahkan, adapun tujuan dari perayaan Cap Go Meh adalah agar senantiasa mendapat berkah dan keselamatan dari segala mara bahaya, dan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat dan berkah yang telah diberikan.

“Ya semoga rakyat makmur aman, sentosa dan dijauhkan dari mara bahaya,” imbuhnya.

Iyan menambahkan, dengan adanya perayaan Cap Go Meh diharapkan kedepannya dijauhkan dari segala bencana dan lebih jaya lagi dengan Sio Ayam Api. (Fariz)

BACA JUGA:   Pemkab Majalengka Antisipasi Kedatangan Puluhan Ribu Pemudik

Komentar

News Feed