oleh

Pasang Lima Ring Jantung, Apandi Merasa Diberi Kehidupan Kedua

Citrust.id – Enam tahun penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Satu dari sekian banyak masyarakat yang telah banyak terbantu Program JKN-KIS ialah Apandi, 69 Tahun, warga Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon. Dalam kesehariannya, Apandi bekerja sebagai pembuat batu bata merah di Kabupaten Cirebon.

Apandi merupakan peserta JKN-KIS segmentasi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Istri dan 8 anaknya juga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Saat ini, ia dan keluarganya terdaftar di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Puskesmas Cibogo, Kabupaten Cirebon.

Ketika ditemui saat akan melakukan rawat jalan rutin, Apandi mengungkapkan manfaat kartu JKN-KIS yang ia miliki.

“Saya pasang lima ring jantung. Pasang dua kali tahun lalu,” ungkap Apandi, Kamis (25/4/2019).

Apandi memaparkan, ia merupakan seorang penderita gangguan Jantung. Apandi mengalami dua kali tindakan pemasangan ring pada tahun 2018. Tindakan pemasangan ring yang pertama dilakukan pada April 2018. Saat itu dilakukan pemasangan tiga ring jantung sekaligus. Pemasangan ring jantung yang kedua dilakukan pada bulan November 2018 dengan dua ring jantung.

“Waktu itu semuanya dipasang di sini, Rumah Sakit Jantung Hasna Medika. Alhamdulilah, dokter dan perawatnya baik. Saya pun tidak dikenakan biaya sepeserpun. Saya merasa diberi kehidupan lagi,” jelas Apandi.

Ring jantung adalah alat berbentuk tabung kecil, tersusun dari kawat-kawat seperti jala yang ditempatkan pada pembuluh darah koroner di jantung. Tujuan dari pemasangan ring jantung untuk membuka pembuluh darah yang menyempit dan mempertahankannya sehingga otot-otot jantung mendapatkan kembali suplai darah yang cukup. Apabila penderita tidak segera dilakukan tindakan dapat membahayakan nyawa.

Selain menggunakan Kartu JKN-KIS untuk pemasangan ring jantung, Apandi juga menggunakan manfaat kartu JKN-KIS untuk rawat jalan rutin satu bulan sekali pascapemasangan ring jantung. Anggota keluarganya juga sering menggunakan manfaat kartu JKN-KIS untuk berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tempatnya terdaftar.

BACA JUGA:   Penetapan Balon Kades Bojong Sempat Ricuh

Apandi menambahkan, Program JKN-KIS sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Menurutnya, Program JKN-KIS merupakan jawaban kepedulian negara terhadap masyarakat.

“Kalau tidak ada JKN-KIS, Bapak pasti bingung kalau sakit. Pasti keluar biaya yang tidak sedikit. Apalagi, pasang ring jantung biayanya besar hingga ratusan juta. Untung ada JKN-KIS, jadi semuanya ditanggung BPJS Kesehatan,” tandasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed