oleh

Mengenal Akeyla, Desainer Cilik yang Pamerkan Karyanya di Beberapa Negara

Citrust.id – Akeyla Alyadina, bocah 9 tahun warga Bekasi menjadi buah bibir anak-anak di wilayah Kota Cirebon, khususnya bagi anak usia sekolah dasar. Pasalnya, di usianya yang masih anak-anak, sudah menjadi desainer handal. Bahkan sudah melakukan pameran busana di sejumlah negara.

Ia berkesempatan untuk berbagi cerita bersama anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon. Kegiatan yang bertajuk Kunjungan Designer Cilik Rumah Sahabat Akeyla, dilaksanakan di Kantor Perpustakaan dan Kerasipan Daerah (Dispusipda) Kota Cirebon. Hadir Ratusan anak-anak dari berbagai sekolah dan sejumlah pejabat lainnya, Jumat (17/1) pagi.

Akeyla mengatakan, selama mengasah kemampuannya, ia tak ingin memaksakan target tertentu. “Jika ingin mendesain, ya bikin. Kalau sedang tidak ingin, pergi keluar,” ungkapnya.

Ibunda Akeyla, Inawati, mengatakan, bakat Akeyla terlihat sejak usia dua tahun. Kemudian diarahkan untuk lebih spesifik. “Pada usia 5 tahun, Akeyla sudah bisa menggambar sketsa desain. Pada 7 tahun, sudah merealisasikan desainnya,” ungkap Inawati.

Debut pertama Akeyla, lanjut Inawati, langsung fashion show di Moskow Rusia pada 2017. Kemudian pada 2018, Akeyla memerkan karyanya di Lebanon. “Pada 2019, Akeyla kembali mendapat undangan ke Moskow kembali untuk fashion show,” katanya.

Inawati mengatakan, jika di dalam negeri, Akeyla sudah berkeliling ke sejumlah daerah. Misalnya di Prambanan, Borobudur, Cirebon, hingga kota-kota lainnya. “Saat ini, Akeyla sedang mengembangkan batik Bekasi, namun yang membatik desain Akeyla adalah para disabilitas,” kata Inawati.

Saat ini karya desain yang dibuat Akeyla sudah mencapai ribuan. Harapannya, Rumah Sahabat Akeyla terus berkembang. Karena mempunyai misi kreasi, edukasi, dan toleransi.

“Kami inginnya, bisa semakin dikenal. Tidak hanya dalam negeri, melainkan mancanegara,” pungkas Inawati.

Pada 2020, Akeyla sudah memiliki jadwal di setiap bulannya. Seperti Bekasi Fashion Week, Depok Festival, Moskow Rusia, kemudian di Jember Fashion Karnival, serta Festival Payung Indonesia di Prambanan, hingga ke Dubai Fashion Festival dan terakhir di Jeddah.

BACA JUGA:   Bupati Kuningan Keluarkan Perbup Pelaksanaan AKB

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengatakan, inovasi dan kreativitas Akeyla bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak di Kota Cirebon. “Desain hasil goresan tangan Akeyla telah dipentaskan di berbagai negara, dan ini tentu sangat menginspirasi,” katanya. (Aming)

Komentar

News Feed