oleh

Lilik: Liburan itu Harus Diisi dengan Hal yang Positif

CIREBON (CT) – Memasuki liburan kuliah dan sekolah, mungkin banyak dari siswa dan mahasiswa yang menghabiskan waktu liburannya untuk bermalas-malasan. Banyak dari mereka, yang hanya makan dan tidur setiap harinya untuk mengisi waktu liburan.

Namun, banyak cara dan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan. Menurut Lilik Hanafiah, seorang mahasiswa IAIN Cirebon semester 6 Jurusan AAS, ini mengaku mengisi waktu liburannya dengan kegiatan berkreatifitas.

“Mengisi waktu liburan tidak boleh bermalas-malasan. Lebih baik mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat seperti contohnya berkreativitas, kita bisa mengisi waktu liburan ini dengan berkreativitas yang sebelumnya belum pernah dilakukan sama sekali. Dengan kegiatan seperti itu, otak dan pikiran kita menjadi terbiasa dan terlatih untuk terus berkreativitas dan mencoba hal-hal yang baru,” kata Lilik.

Untuk mengisi waktu liburan, kata Lilik, tidak mesti yang berbau borjuis, tidak mesti jalan-jalan liburan mengahabiskan uang. Dikatakan perempuan kelahiran 22 mei 1992, mengisi waktu liburan bisa juga dengan melakukan kegiatan bermanfaat seperti berolah raga.

“Daripada kita melamun dan bermalas-malasan atau menghamburkan uang lebih baik kita berolahraga, murah tapi menyehatkan,” tambahnya.

Melakukan olahraga, kata dia, tidak perlu dan tidak mesti ke tempat-tempat yang khusus menyediakan alat-alat olahraga semacam tempat fitness atau di gymnastik. Berolahraga bisa juga dilakukan dirumah sendiri atau dihalaman rumah.

“Olahraga tidak harus melulu pergi ketempat fitness, olahraga bisa juga dilakukan di rumah sendiri. Di rumah juga bisa olahraga, olahraga yang sangat sederhana adalah sit up, push up, dan lari keliling komplek,” kata dia.

Selain hal-hal yang diatas, kata lilik, mengisi waktu liburan juga bisa dengan menyalurkan hobi. Untuk seseorang yang hobi menulis, bisa mengisi waktu liburan bisa menulis, entah itu sebuah karya ilmiah, ataupun dalam bentuk cerpen untuk menuangkan unek-unek yang selama ini dipendam.

BACA JUGA:   Jelang Tutup 2019, Serapan Belanja Langsung dalam APBD Masih Lesu

“Mengisi liburan juga bisa dengan menulis. Menuangkan unek-unek dalam bentuk tulisan itu kan keren. Dengan menulis kita bisa belajar berkreativitas dan berkarya walaupun sederhana,” imbuhnya. (CT-122)

Komentar

News Feed