oleh

Lakukan Jalan Kaki Secara Teratur Jika Ingin Sehat Setiap Hari

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Anda sudah tahu bukan tentang sehatnya berjalan kaki? Sayangnya, rata-rata masyarakat masih kurang dalam melakukan jalan kaki. Entah karena malas atau jarak yang jauh kerap menjadi alasan klasik susah untuk berjalan kaki. Perbandingan rata-rata berjalan kaki warga Inggris pada 1976 dan 2009 bahkan mengalami penurunan hampir 20 persen, dari 408 mil per tahun menjadi 314 mil per tahun.

Agar berjalan kaki dapat memberi manfaat bagi kesehatan, setidaknya diperlukan 10 ribu langkah atau sekitar 5-6 mil per hari. Berjalan kaki dengan jarak 1 mil dalam waktu 20 menit dapat membakar kalori setara dengan berlari sepanjang 1 mil selama 10 menit.

Menurut penelitian, berjalan kaki juga dapat meningkatkan harapan hidup jika dilakukan secara rutin. Berjalan kaki dengan cepat selama 75 menit per minggu dapat menambah harapan hidup hingga dua tahun.

Meski begitu, olahraga berjalan kaki juga perlu memperhitungkan usia. Pejalan kaki yang berusia 25 tahun dan berjalan dengan kecepatan 3 mph hanya akan menggunakan maksimal 30 persen dari total konsumsi energi harian. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, energi yang habis digunakan untuk berjalan kaki dengan kecepatan sama akan semakin besar. Pejalan kaki berusia 75 tahun misalnya, akan menghabiskan 60 persen dari total konsumsi energi harian untuk berjalan dengan kecepatan 3 mph.

Berjalan kaki secara rutin membuat tubuh menjadi bugar. Lebih dari itu, berjalan kaki dapat menurunkan risiko beberapa penyakit berbahaya seperti Alzheimer, kanker, depresi hingga stroke. Berjalan kaki 3.500 langkah per hari juga dapat menurunkan risiko diabetes hingga 29 persen. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pohon Tumbang Tutup Jalan Protokol

Komentar

News Feed