oleh

Karinding, Pengusir Hama Sekaligus Alat Musik Paling Aman di Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Beberapa sumber menyatakan bahwa karinding telah ada bahkan sebelum adanya kecapi. Jika kecapi telah berusia sekitar lima ratus tahunan maka karinding diperkirakan telah ada sejak enam abad yang lampau. Karinding pun tidak hanya ada di Jawa Barat atau priangan saja, melainkan dimiliki berbagai suku atau daerah di tanah air, bahkan berbagai suku di bangsa lain pun memiliki alat musik ini, hanya berbeda namanya saja. Di Bali bernama genggong, Jawa Tengah menamainya rinding, karimbi di Kalimantan, dan beberapa tempat di “luar” menamainya dengan zuesharp (harpa dewa Zues).

Pestisida adalah cara para petani kebanyakan untuk mengusir hama dan serangga. Efektif memang, tapi bisa berbahaya juga bagi manusia. Kembali ke masa lalu, nenek moyang kita juga mengalami problem yang sama. Hanya cara mereka mengusir hama sangat berbeda. Mereka memakai alat bernama Karinding.

Secara teknis alat yang terbuat dari bambu ini mengeluarkan suara yang khas. Indah bagi telinga kita tapi tidak bagi serangga. Siapa sangka, ternyata alat ini mampu mengeluarkan gelombang low decibel yang membuat serangga terganggu dan ogah dekat-dekat dengan sumber suara. Cara seperti ini sangat aman, bahkan bisa dibilang jenius. Butuh perhitungan matematis yang rumit untuk menghasilkan suara seperti ini. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pembangunan Reservoir Jadi, Juni Dijadwalkan Bisa Mulai Beroperasi

Komentar

News Feed