oleh

KAI Cirebon Maksimalkan Sumber Daya pada Masa Angkutan Lebaran 2019

Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon melaksanakan gelar pasukan Angkutan Lebaran 2019, Minggu (26/5/2019), di halaman kantor daop setempat. Gelar pasukan itu menandai hari pertama posko KAI dalam rangka melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, memaparkan, pada musim Lebaran 2019, KAI menetapkan masa mudik Lebaran selama 22 hari, yakni dari 26 Mei 2019 (H-10) hingga 16 Juni 2019 (H+10).

Pada periode tersebut, KAI menyiapkan segala sumber daya demi melayani konsumen secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan.

“Dengan maksimalnya persiapan KAI menyambut Angkutan Lebaran, diharapkan seluruh proses perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar tanpa kendala,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Tamsil, PT KAI Daop 3 Cirebon memperkirakan akan terjadi peningkatan total volume penumpang sebesar 4,7 persen dari 150.369 penumpang pada tahun lalu menjadi 157.501 penumpang pada masa Lebaran tahun ini.

Guna memastikan keselamatan perjalanan KA, PT KAI Daop 3 Cirebon meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dan menyiagakan 12 tenaga daerah rawan ekstra dan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dan lain-lain.

“Dilakukan juga penambah petugas penjaga pelintasan KA sebidang sebanyak 116 orang serta menambah petugas pemeriksa jalur sebanyak 46 orang. Selain itu, tenaga flying gank disiagakan 24 jam apabila terjadi rintang jalan (rinja) atau Kecelakaan Kereta Api (KKA),” terang Tamsil.

Di samping itu, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran dari internal (polsuska dan sekuriti) serta eksternal (TNI/polri). Sebanyak 150 tenaga polsuska akan bertugas di atas KA dan di stasiun.

Sementara 218 personel sekuriti akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI. Sedangkan tenaga eksternal dari TNI/polri sebanyak 96 personel, termasuk 2 anjing pelacak (K-9) disiagakan untuk menjaga stasioner, parkir, dan jalur KA.

Tamsil mengtakan, selama masa Angkutan Lebaran 2019, seluruh pegawai KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun. Mereka tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

KAI juga akan mengoperasikan KA Tambahan Lebaran Ekstra. Ada 10 KA Tambahan Lebaran Ekstra dengan rute dari Jakarta, Bandung menuju Cirebon, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Total tempat duduk yang disediakan melalui KA Tambahan Lebaran Ekstra ini perharinya adalah 5.364 tempat duduk.

Tamsil menambahkan, tiket KA Tambahan Lebaran Ekstra sudah dapat dipesan sejak 24 Mei 2019 melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

“Dengan beroperasinya KA Tambahan Ekstra ini, total KA yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 94 perjalanan KA (terdiri dari KA jarak jauh dan sedang) serta 50 perjalanan KA tambahan (termasuk 10 perjalanan KA tambahan yang dijalankan dari Daop 3 Cirebon),” pungkasnya. /haris

Komentar