oleh

“Ijoan” Kembali Makan Korban, Empat Warga ‎Kec. Astanajapura Keracunan

Ilustrasi

Cirebontrust.com – Kerang hijau atau biasa disebut ijoan, dalam satu minggu ini menjadi headline pemberitaan di media. Pasalnya, binatang laut yang menjadi makanan primadona masyarakat pesisir Cirebon‎ ini mendadak menjadi momok yang menakutkan bagi penikmat ijoan.

Hal itu ditengarai bahwa ijoan menjadi makanan beracun yang sudah banyak memakan korban, hingga ada yang meninggal dunia. Kasus keracunan tersebut baru-baru ini ditemukan di Desa Kanci Kulon, dan Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Dilaporkan ada 3 warga Desa Kanci Kulon bernama Dami’ah (52), Rastiah (48) dan satu orang belum diketahui identitasnya, serta satu orang warga Desa Kanci bernama Yuyun (10)‎. Mereka keracunan saat mengkonsumsi ijoan, hingga sempat dilarikan dan dirawat di rumah sakit.

‎”Istri saya saat sesudah makan ijoan mendadak kepalanya pusing, seluruh anggota badan kaku. Saya langsung kasih minum kelapa muda, dan dilarikan ke Klinik Muhammadiyah. Kata dokter istri saya keracunan ijoan,” tutur Mujahidin, suami Rastiah, Selasa (20/12).

Mujahidin mengaku, ijoan tersebut ia dapat beli dari nelayan Waruduwur‎ yang diambil dari perairan laut Kanci.

“Saya dapat beli. Katanya sih dari laut sekitaran PLTU 1,”‎ terangnya.

Sementara Sekdes Kanci Kulon, Ade Arief Nurokhman membenarkan bahwa ada tiga warganya yang mengalami keracunan ijoan.

“Ada tiga warga, yang sudah masuk laporannya baru dua. Satu lagi belum diketahui namanya,” bebernya.

Senada dengan Sekdes Kanci Kulon, Heriyanto alias Alay, perangkat Desa Kanci mengatakan, bahwa warganya ada yang mengalami keracunan ijoan.

“Ada satu warga kami keracunan ijoan. Masih anak-anak. Korban sempat dirawat di RSU Muhammadiyah,” ujar Alay.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga kota dan Kabupaten Cirebon dikabarkan menjadi korban keracunan usai mengonsumsi Kerang Hijau, bahkan beberapa diantaranya ada yang meninggal dunia.

BACA JUGA:   Kembali Pimpin Dekopin, Nurdin Halid Tingkatkan Daya Saing Koperasi

Seperti yang dialami warga Trusmi Wetan, tercatat ada 8 warganya yang mengalami keracunan ijoan. Kemudian di Gunungjati ada 9 orang yang dilarikan ke rumah sakit. Sehari sebelumnya, ada 6 warga Desa Pekantingan Kec. Klangenan dilaporkan keracunan, dan 14 warga Desa Surakarta Kec. Suranenggala keracunan setelah mengonsumsi Kerang Hijau. Bahkan dua diantaranya meninggal dunia. Juga sebelumnya, seorang balita asal Karyamulya, Kesambi kota Cirebon dikabarkan meninggal dunia usai mengonsumi salah satu hasil laut andalan pesisir Cirebon tersebut. (Riky Sonia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed