oleh

DPRD dan Pemkot Cirebon Turun ke Jalan Gugah Kesadaran Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Citrust.id – DPRD bersama Pemerintah Kota Cirebon menggelar aksi turun ke jalan untuk menyosialisasikan pentingnya masyarakat mematuhi protokol kesehatan, Kamis (2/4). Aksi moral itu berupaya menekan laju perkembangan penularan Covid-19 di Kota Cirebon.

Sambil membentangkan poster ajakan, Walikota Cirebon, Drs H Nashruddin Azis bersama sejumlah anggota DPRD dan jajaran pimpinan SKPD menyampaikan kepada masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Terutama perilaku 3M; Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Azis menyampaikan, Kota Cirebon sudah masuk kategori zona merah penyebaran Covid-19. Dengan kata lain, Kota Cirebon masuk kawasan dengan resiko sangat tinggi penularannya. Bahkan, sumber penularan baru terjadi dari klaster rumah tangga.

“Ini sudah menjadi bahaya besar bagi Kota Cirebon. Apa yang kami lakukan long march keliling kota sambil bawa poster berisi curahan hati pemerintah daerah agar masyarakat Kota Cirebon sadar bahaya penularan Covid-19. Kami berharap warga tak perlu lagi diawasi, tidak harus terus menerus diingatkan lagi,” ujar Azis.

Di saat bersamaan, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M. Handarujati Kalamullah SSos menyampaikan bahwa upaya bersama eksekutif dan legislatif menggelar aksi moral menggugah kesadaran masyarakat adalah langkah efektif. Sebab, sosialisasi kesadaran warga patuhi protokol kesehatan sebelumnya hanya disampaikan lewat media dan surat peringatan.

Menurutnya, aksi moral tersebut lebih efektif. Mengingat walikota dan DPRD memberi penyadaran langsung dengan menyampaikan data peningkatan kasus yang terjadi sebulan terakhir. Pria akrab disapa Andru itu mengatakan, minimnya kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan masih menjadi faktor utama angka penularan Covid-19 di Kota Cirebon.

“Aksi turun ke jalan ini efektif untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup 3M. Dalam rentang satu bulan ini, kenaikan jumlah terpapar virus corona sudah mencapai ratusan orang. DPRD mendukung penuh langkah pemerintah daerah untuk menekan jumlah kasus Covid-19,” tegas Andru. (Humas DPRD Kota Cirebon)

BACA JUGA:   Penerima BPNT Diimbau Terapkan 3M

Komentar

News Feed