oleh

Di Era BPJS Kesehatan, Peserta Lebih Leluasa Pilih FKTP yang Diinginkan

Cirebontrust.com – Penyelenggaraan jaminan kesehatan di era BPJS Kesehatan saat ini dirasa lebih baik dibandingkan era Askes. Di era BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan jumlahnya sangat banyak. Masyarakat yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan pun jumlahnya makin meningkat.

Demikian diungkapkan Vita Maria, warga Jalan Satria, Kota Cirebon, yang telah ikut jaminan kesehatan sejak era Askes hingga kini BPJS Kesehatan. Vita termasuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan kategori Peserta Penerima Upah (PPU).

Menurut Vita, dengan makin banyaknya FKTP yang terdiri dari puskesmas, dokter praktek keluarga maupun klinik yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan, tentu akan memberikan pelayanan kesehatan lebih banyak lagi bagi peserta JKN-KIS.

“Peserta juga lebih leluasa memilih FKTP yang diinginkannya,” ujar karyawan salah satu surat kabar di Cirebon tersebut.

Saat ini, peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan jumlahnya makin bertambah banyak dan tidak terbatas pada kalangan tertentu saja serta didukung dengan proses pendaftaran dan pembayaran iuran yang dipermudah. Hal itu tentunya akan berpengaruh pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dikatakan Vita, program JKN-KIS BPJS Kesehatan berperan vital dalam pelayanan kesehatan keluarganya. Selama ini, jika ada anggota keluarga yang sakit, sudah cukup ditangani di tingkat FKTP yang dipilihnya, yakni Dokter Kipty Mustika Ratih.

Kecuali jika kondisi gawat darurat yang membutuhkan penanganan serius, maka akan ditangani di rumah sakit. Seperti saat anak keduanya, Sasha, terjatuh dan mengakibatkan cedera di bagian kepala sehingga harus dirawat di UGD Rumah Sakit Gunung Jati.

“Biaya pelayanan kesehatan di tingkat FKTP maupun rumah sakit yang selama ini dialami keluarga saya ditanggung BPJS Kesehatan,” kata Vita.

BACA JUGA:   Project Pop Meriahkan Perayaan HUT ke-8 CSB Mall

Ia  mengajak masyarakat yang belum mendaftar program Jaminan Kesehatan Nasional untuk dapat ikut serta karena cukup banyak manfaat yang diperoleh jika menjadi peserta program JKN-KIS. Iuran yang dibayarkan membantu peserta lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Terimakasih BPJS Kesehatan,” ungkapnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed