oleh

Banyak Korban Berjatuhan, Desa Greged Diterjang Bencana Dahsyat‎?

Cirebontrust.com – Warga Desa Greged, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon panik saat bencana alam menerjang kampungnya. Banyak korban berjatuhan akibat bencana dahsyat tersebut. Suasana sempat tak terkendali, ketika hujan bercampur angin mengguyur daerah tersebut.

Tim Tagana dan relawan bencana yang turun saat itu sempat kualahan. Namun karena kesigapan tim tersebut, akhirnya suasana bisa terkendali, dan para korban bisa dievakuasi dari lokasi bencana tersebut.

Beruntung, bencana tersebut hanya simulasi, yang dilakukan oleh Tagana Propinsi Jawa Barat dan para relawan‎ dalam program pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk penanggulangan bencana alam.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan sepak bola desa setempat itu, adalah program dari Kementerian Sosial bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat‎, serta Pemerintah Kabupaten Cirebon.

“Ini adalah bentuk pelatihan untuk pembentukan KSB. Agar masyarakat tahu bagaimana caranya mengelola bencana. Kami, Provinsi dan Kemensos hanya memberikan pelatihan, nanti merekalah yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana,” ujar Kadinsos Provinsi Jabar, Arifin Haris Kertasaputra.

Sementara, Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastera mengatakan, simulasi ini untuk melatih masyarakat agar tanggap bencana, meski di Kabupaten Cirebon sendiri terkait bencana alam tidak begitu mengkhawatirkan.

“Secara eskalasi bencana di Kabupaten Cirebon tidak mengkhawatirkan. Seperti bencana angin puting beliung pun tergolong jarang sekali bahkan tidak ada‎,” tandasnya. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   Penjual Es Keliling di Cirebon Ditangkap Densus 88

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed