oleh

Akibat Hujan Deras, Sebuah Jembatan Amblas Di Majalengka

Citrust.id – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir di wilayah Majalengka menyebabkan Jembatan Citameng ( sungai Citameng) menghubungkan kelurahan Cicurug dengan Komplek Makam pangeran Muhamad, Dukuh Hurip (Kelurahan Cicurug), Gunung Haur ( Kelurahan Sindangkasih) Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka amblas sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda 4.

Menurut tokoh pemuda setempat Indra Subanq lokasi Jembatan yang amblas di RT 25 RW 09 Lingkungan Margaluyu Kelurhan Cicurug Kecamatan Majalengka dan waktu Kejadian Hari Minggu tanggal 18 februari 2018 sekitar pukul 21.30 wib.

“Salah satu tembok penyangga jembatan amblas dengan kedalaman sekitar 15 Cm sehingga timbul retakan di ujung jembatan dengan lebar sekitar 30 Cm dengan kedalaman sekitar 1 meter lebih, sedangkan ujung jembatan lainnya sudah ada retakan,”ungkap Indra yang juga relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini, Senin (19/02/2018).

Dikatakan dia, warga setempat melakukan penanganan sementara menutup jalan tersebut dengan menggunakan bambu, kemudian berkoordinasi dengan warga yang ada di dukuh hurip kelurahan Vicurug agar ketika esok hari berhati-hati dan disarankan untuk tidak melewati jembatan tersebut.

Indra mengungkapkan kronologis Jembatan amblas ini diduga karena aliran sungai sungai Citameng yang deras dan meluap karena intensitas hujan yang lumayan tinggi diwilayah tersebut. Selain itu juga kondisi/kontur tanah yang lumayan labil (daerah perbukitan).

“Jembatan amblas diketahui oleh Arif Fachrizal setelah ada 2 buah mobil yang melewati jembatan tersebut menuju arah dukuh hurip. Kemudian Arif Fachrizal memberitahu warga yang lainnya,”ungkap dia.

Sementara itu Kanit Binmas Polsek Majalengka Kota Polres Majalengka Aiptu Agus Subagja Bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Cicurug Majalengka Aiptu Deni Sudrajat melaksanakan Pengontrolan Jembatan Amblas yang berada Di Lingkungan Margaluyu Rt 025 Rw 009 Kelurahan Cicurug Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka, Senin ( 19/02/2018 ).

BACA JUGA:   Hadir di Foodalicious, SamWon Express Luncurkan Menu Baru

“Jembatan citameng yang amblas ini diduga karena aliran sungai citameng yang deras dan meluap dikarenakan Intensitas Hujan yang lumayan tinggi diwilayah tersebut,”ungkap Aiptu Agus.

Dikatakan dia, adapun jembatan citameng yang amblas tersebut mengalami kerusakan salah satu tembok penyangga jembatan dengan kedalaman sekitar 15 Cm sehingga timbul retakan di ujung jembatan dengan lebar sekitar 30 cm dengan kedalaman sekitar 1 meter lebih, sedangkan ujung jembatan lainnya sudah ada retakan.

Lebih lanjut untuk penanganan sementara menutup jalan tersebut dengan menggunakan bambu kemudian berkoordinasi dengan warga yang ada di perkampungan Dukuh Hurip Kelurahan Cicurug Majalengka Agar untuk tidak melewati jembatan Citameng tersebut untuk mengantisipasi dari hal hal yang tidak diinginkan. /abduh

Komentar

News Feed