oleh

Yoseph Anggarkan Rp25 Miliar untuk Normalisasi Setu Patok

Citrust.id – Anggota komisi V DPR RI Yoseph Umar Hadi berjanji akan menormalisasi waduk “Setupatok” yang berlokasi di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Hal itu dilakukan untuk antisipasi penyusutan air yang lebih parah, yang mana waduk tersebut berfungsi sebagai sumber pengairan pertanian di wilayah Mundu khususnya dan Cirebon timur pada umumnya.

‎Direncanakan, sebelum melakukan pengerukan akan ada survei lokasi, untuk mengetahui daya tampung kubikasi air waduk tersebut, dan menentukan nilai anggaran. Pengerukan akan dilakukan tahun anggaran 2019 dengan biaya diperkiran Rp25 miliar.

“Setu ini potensinya sangat luas sekali kalau kita keruk. Karena kalau tampungannya kecil ya cepat habis airnya. Saya akan usulkan program pengerukan,” ujar Yoseph, di sela kunjungan silaturahim di Padepokan Anti Galau, pimpinan HM Ujang Bustomi, Desa Sinarancang, Rabu (08/08).

‎Yoseph mengaku, sudah mempunyai pengalaman dalam hal normalisasi danau. Dia pun pernah melakukan pengerukan Setu Patok, namun tidak keseluruhan. Ketika itu, pengerukan menelan biaya Rp10 miliar.

‎”Saya dulu pernah mengeruk Setu Sedong, yang dulu kondisinya seperti Setu Patok. Dan sekarang Setu Sedong sudah‎ bagus. Menjadi tempat wisata,” jelas Yoseph. /riky sonia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed