oleh

World Water Day, Sejumlah Komunitas Lakukan Penghijauan di Sumber Mata Air Cinongtoreng

Citrust.id – Ratusan Aktivis Lingkungan Hidup dari berbagai komunitas lingkungan hidup yang ada di Majalengka melakukan Penanaman Pohon, Perawatan sumber mata air di wilayah Cinongtoreng, Desa Sukamenak, Kecamatan Bantarujeg, Majalengka.

Perwakilan dari Komunitas Jamaah Ngaritiyah, Dika Ahmad Ramdhani menerangkan kegiatan ini merupakan sebuah gerakan dari Aktivis atau Komunitas Lingkungan Hidup di Majalengka, untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup yang ada di wilayah Majalengka.

Wilayah Cinongtoreng ini merupakan sebuah wilayah yang sudah terjaga ratusan tahun. Dari Cinongtoreng ini masyarakat mendapatkan sumber air bersih untuk kehidupannya serta pertanian. Selain itu, habitat hewan dan tumbuhan di Cinongtoreng ini tetap terjaga.

“Ini merupakan sebuah gerakan dari aktivis Lingkungan Hidup yang ada di Majalengka. Acara ini juga menjadi sebuah ajang silaturahmi bagi kawan-kawan aktivis lingkungan hidup di Majalengka, serta bersama-sama melakukan gerakan dalam rangka Hari Air Internasional (World Water Day),” terangnya, Kamis (22/03).

Perwakilan dari Komunitas saung Eurih. Eman Kurdiman mengajak kepada peserta yang ada untuk senantiasa menjaga kelestarian alam, diantaranya menjaga sumber mata air.

“Kita harus menjaga ketersediaan air tersebut untuk kehidupan kita dan anak cucu kita di masa mendatang. Kebijakan pemerintah atau pihak terkait juga harus senantiasa memperhatikan kelestarian lingkungan hidup, jangan sampai hanya untuk kepentingan memenuhi isi perut, kita merusak alam,” ajaknya.

Sementara itu, perwakilan dari BPK OI Majalengka, Iman Sabumi memandu acara Diskustik (diskusi asyik berakustik). Diskustik tersebut masing-masing perwakilan komunitas menyampaikan ide gagasan, serta masukannya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Dalam acara diskusi tersebut, diselangi oleh lagu-lagu yang dibawakan oleh Iman Sabumi, perwakilan peserta serta puisi yang dibawakan oleh Seniman Majalengka, Oom Somara De Uci. Selain dari aktivis / Komunitas Lingkungan Hidup, acara ini diikuti oleh Kepala Desa Sukamenak, Camat Bantarujeg dan Kapolsek Bantarujeg, Danramil Bantarujeg dan undangan lainnya. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed