oleh

Wiskie Santri Jadi Suguhan Spesial di Hari Santri Nasional

Citrust.id – Diketahui, Wiskie tergolong minuman keras alias beralkohol dan terlarang, apalagi bagi santri. Tetapi, terinspirasi dari budaya ngopi di pesantren, di tangan Okim Abdurrokhim, salah satu owner kedai kopi di Kota Cirebon, menciptakan produk kopi yang agak ‘nyeleneh’ dinamai Wiskie Santri.

Namun tak usah khawatir, karena wiskie buatan Kim tersebut bukan Wiskie yang sebenarnya. Kim menggunakan nama tersebut diambil dari bahasa pantura, yakni Wiskie artinya Wiskinya. Jadi Wiskie Santri diterjemahkan menjadi Wiskienya para santri.

Wiskie Santri adalah minuman kopi yang diseduh dengan metode cold brew atau seduh dingin. Terbuat dari biji kopi pilihan yang berasal dari Cibunar, Kuningan. Jenis kopi yang digunakan ialah arabika.

Biji kopi yang telah digiling diseduh menggunakan air dingin. Selanjutnya difermentasi, kira-kira selama 18 jam, kemudian disaring dan dikemas dalam botol berbentuk gepeng mirip kemasan miras.

Wiskie Santri original terasa lebih asam khas kopi yang diseduh dengan metode cold brew. Namun, karakter asamnya terasa lebih segar. Pemberian nama tersebut sebenarnya merupakan ajakan kepada para generasi muda khususnya para santri untuk tidak meminum alkohol.

“Jadi Wiskie bagi para santri ya kopi ini, karena alkohol itu kan diharamkan,” terang pria berewok yang akrab disapa Kim, saat ditemui di kedai miliknya, Jalan Perjuangan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Senin (22/10/2018).

Kim meluncurkan Wiskie Santri pada pagelaran Festival Tajug dalam rangka Hari Santri Nasional 2018, di Alun-alun Keraton Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Pria yang berlatarbelakang santri itu menyewa stan khusus untuk menjajakan Wiskie Santri kepada para pengunjung Festival Tajug 2018.

“Hari ini Wiskie Santri resmi dirilis. Alhamdulillah respons dari pengunjung sangat positif, mereka suka menu baru ini,” ujar Kim.

Untuk varian, baru tersedia dua rasa, yakni Wiskie Santri original dan cappucino yang terasa lebih soft dan sangat cocok dinikmati bagi yang menyukai sajian kopi dicampur susu.

“Ada dua varian Wiskie Santri, yakni original dan cappucino. Harganya sama, Rp25 ribu per botol,” jelas Kim./riky sonia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed