oleh

Warga Desa Wisata Cibuntu Gelar Kirab Gunungan

Citrust.id – Sebagai tanda syukur atas hasil panen yang melimpah. Warga Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan gelar tradisi sedekah bumi ke-7. Salah satunya dengan melakukan kirab gunungan yang berisikan hasil bumi.

Tradisi kirab gunungan tersebut dilaksanakam di Camping Ground Pagergunung Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Sabtu (13/10/2018).

Pantauan citrust.id, tampak ratusan warga saling baur-membaur mengarak gunungan yang terbuat dari hasil bumi desa setempat.

Kepala Desa Cibuntu, H. Awam mengatakan, tradisi sedekah bumi yang sudah terselenggara bertahun-tahun ini merupakan upaya dalam melestarikan adat istiadat dari para leluhur atau nenek moyang.

Selain itu, dengan adanya tradisi ini diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Desa Cibuntu.

“Kebetulan di tahun 2012 itu kami dideklarasikan oleh Bupati Kuningan menjadi desa wisata. Mulai dari itu, masyarakat ingin diadakan lagi sedekah bumi dan ingin dikemas wisata. Maka itu sedekah bumi sekarang beda dengan yang dulu-dulu,” imbuh Awam kepada citrust.id.

Sementara itu, tradisi kirap gunungan mendapat apresiasi lebih dari Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, dirinya mengatakan, di tahun mendatang sedekah bumi ini tidak hanya dimeriahkan oleh sekitaran desa saja. Pihaknya pun akan melibatkan unsur-unsur Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan demi menyemarakan tradisi yang lebih meriah lagi.

Acep menilai, perhelatan sedekah bumi di Desa Wisata Cibuntu dapat menjadi penopang economic tourism di Kabupaten Kuningan, sehingga pertumbuban pariwisata dan budaya sebagai kawasan konservatif akan semakin membaik.

“Selain sebagai edukasi budaya tentunya adanya kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian daerah,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed